GUNAWAN, SETYADI (2024) ANALISIS MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS PADA SIMPANG TAK BERSINYAL MENGGUNAKAN SOFTWARE VISSIM DAN SURROGATE SAFETY ASSESSMENT MODEL AND VALIDATION. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
20011055-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (363kB) |
|
Text (BAB 1)
20011055-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (74kB) |
|
Text (BAB 2)
20011055-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
20011055-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (815kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
20011055-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
20011055-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (68kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20011055-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Jumlah penduduk Kota Makassar telah bertumbuh sebanyak 30.965 orang dalam setahun terakhir dan merupakan perubahan tahunan sebesar 1,89% dari tahun 2022. Pertumbuhan jalan di Kota Makassar hanya mengalami pertumbuhan sebesar 0,8% - 2% per tahun, sedangkan pertumbuhan kendaraan mencapai 15% - 16% per tahun. Kemacetan yang berada di simpang tak bersinyal tidak lepas dari berpengaruhnya ruas jalan A.P Pettarani yang merupakan Kawasan Central Business District (CBD) Kota Makassar yang mempunyai berbagai jenis kegiatan masyarakat mulai dari kantor, perekonomian dan pendidikan. Penelitian bertujuan untuk menganalisis kinerja dan kondisi eksisting pada simpang tiga tak bersinyal A.P Pettarani - Sultan Alauddin Kota Makassar serta manajemen rekayasa lalu lintas dengan panjang antrean dan tundaan akibat u-turn menggunakan Software VISSIM. Hasil kondisi eksisting simpang menunjukkan kinerja saat ini dengan tundaan lalu lintas sebesar 30.4 detik dan panjang antrean sebesar 225 meter dengan LOS (Level of Service) tingkat pelayanan D. Pada simpang terdapat konflik lalu lintas yang bersinggungan (crossing) sebesar 1749 dan perubahan jalan (lane change) sebesar 6264. Perbandingan hasil kinerja dan usulan alternatif yang optimal merupakan usulan alternatif ke 4 yaitu dengan cara penambahan lebar pada pendekat kaki simpang dan pemindahan u-turn, maka diperoleh hasil tundaan terendah berdasarkan usulan alternatif ke 4 sebesar 16.61 detik, antrean terpendek dengan nilai 151 meter dan konflik lalu lintas pada lane change sebesar 5290 serta crossing sebesar 1875.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Simpang, VISSIM, MAPE, GEH, SSAM |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Setyadi Gunawan |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 01:42 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 01:42 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2765 |
Actions (login required)
View Item |