PENGARUH KADAR AIR DI DALAM BRAKE FLUID TERHADAP KARAKTERISTIK TEMPERATUR DAN FRAKSI GELEMBUNG PADA FENOMENA VAPOUR LOCK

KRISTIAWAN, KOMANG ANDRE (2024) PENGARUH KADAR AIR DI DALAM BRAKE FLUID TERHADAP KARAKTERISTIK TEMPERATUR DAN FRAKSI GELEMBUNG PADA FENOMENA VAPOUR LOCK. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20021040-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (416kB)
[img] Text (BAB 1)
20021040-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (121kB)
[img] Text (BAB 2)
20021040-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20021040-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20021040-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20021040-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (191kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20021040-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sebagian besar kecelakaan pada bus dan truk disebabkan oleh kegagalan sistem pengereman yang dipengaruhi oleh beban muatan berlebih (overload) dan juga kemiringan jalan yang tidak sesuai standar pada jalan turunan dan tikungan. Selain faktor tersebut, level brake fluid serta standar kualitas brake fluid atau yang lebih dikenal dengan istilah DOT (Department of Transportation) dapat mempengaruhi titik didih brake fluid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persentase kadar air dalam fluida rem terhadap karakteristik temperatur dan fraksi gelembung selama proses pemanasan fluida rem. Fluida Rem DOT 3 dan air digunakan sebagai bahan utama dalam penelitian ini. Untuk memvariasikan kadar air pada fluida rem, maka air dicampurkan ke dalam Fluida Rem DOT 3. Persentase air dalam campuran fluida rem adalah 0%, 1%, 2%, 3%, dan 4% dengan masing-masing nilai temperatur titik didih yang didapatkan sebesar 210oC, 174oC, 156oC, 147oC dan 129oC. Pengambilan data titik didih fluida rem dilakukan sebanyak tiga kali dengan empat variasi persentase kadar air dan diukur dengan menggunakan termometer digital. Kemudian, karakteristik terbentuknya gelembung pada fluida rem diamati menggunakan kamera video dengan frame rate 240 fps. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan persentase kandungan air pada fluida rem berpengaruh terhadap penurunan titik didih fluida rem. Pada temperatur yang sama, semakin besar persentase kadar air pada fluida rem maka luas penampang total dan fraksi gelembung juga semakin besar. Pada persentase kadar air yang sama, luas penampang total dan fraksi gelembung juga meningkat seiring dengan peningkatan suhu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rem, Fluida Rem, Kunci Uap, Titik Didih, Fraksi Gelembung
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 20021040 20021040
Date Deposited: 28 Jun 2024 03:31
Last Modified: 28 Jun 2024 03:31
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2649

Actions (login required)

View Item View Item