RAMADHAN, ROYHAN MUHAMMAD IQBAL and PANGESTUTI, ZULEDA RACHMA and PRADIKA, ROUDHO KURNIA and ARIBUNI, ZULHAM YAHYA (2024) LAPORAN MAGANG II DI PT. WASKITA BUMI WIRA. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)
Text (ABSTRAK)
20011025_20011030_20011054_20013090-MAGANG 2-ABSTRAK.pdf Download (701kB) |
|
Text (BAB 1)
20011025_20011030_20011054_20013090-MAGANG 2-BAB_1.pdf Download (75kB) |
|
Text (BAB 2)
20011025_20011030_20011054_20013090-MAGANG 2-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
20011025_20011030_20011054_20013090-MAGANG 2-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
20011025_20011030_20011054_20013090-MAGANG 2-BAB_4.pdf Download (51kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20011025_20011030_20011054_20013090-MAGANG 2-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (112kB) | Request a copy |
Abstract
Kecelakaan lalu lintas adalah salah satu penyebab fatalitas terbesar di Indonnesia. Kecelakaan lalu lintas sepanjang tahun 2021 - 2023 di tol Krian-Legundi-Bunder (KLB) yang merupakan jalan tol penghubung akses peningkatan perekonomian kelancaran logistik serta barang dan jasa di wilayah Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik telah terjadi sebanyak 51 kejadian kecelakaan dengan korban meninggal 3 jiwa, korban luka berat 3 jiwa, korban mengalami luka ringan sebanyak 19 jiwa. Penelitian dilakukan untuk mengetahui daerah rawan kecelakaan di tol KLB. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode EAN (Equivalent Accident Number) dan metode UCL (Upper Control Limit) untuk menganalisis penentuan daerah rawan kecelakaan. Hasil penelitian menunjukkan indeks fatalitas per panjang jalan, indeks fatalitas per volume lalu lintas, dan case fatality rate (tingkat keparahan) yang semuanya mengalami penurunan dari tahun 2021 ke 2023, hasil anaisis menunjukkan pada ruas tol Krian-Legundi-Bunder (KLB) terdiri dari 3 seksi ruas jalan tol KLB dengan panjang total 29 km dengan kendaraan yang paling sering mengalami kecelakaan merupakan kendaraan golongan 1 dan kejadian kecelakaan paling sering terjadi pada seksi 1 dan 2, terdapat 3 daerah rawan kecelakaan yaitu yaitu pada KM 17 A, KM 24 A, dan KM 14 B. Penyebab kecelakaan yang terjadi didominasi oleh faktor manusia yaitu diakibatkan mengantuk dan terjadinya pecah ban.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Daerah Rawan Kecelakaan, EAN, UCL,Indeks Fatalitas, Jalan Tol |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | ROUDHO KURNIA PRADIKA |
Date Deposited: | 16 May 2024 03:35 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 02:19 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2555 |
Actions (login required)
View Item |