ANALISIS BAHAYA RESIKO DI KANTOR, BENGKEL, OPERASIONAL, DAN LALU LINTAS MENGGUNAKAN METODE HIRADC DI KORIDOR 1 TERMINAL BAWEN – STASIUN TAWANG BRT TRANS JATENG (STUDI KASUS : KORIDOR 1 TERMINAL BAWEN – STASIUN TAWANG BRT TRANS JATENG)

AMALIA, ALFI NUR (2022) ANALISIS BAHAYA RESIKO DI KANTOR, BENGKEL, OPERASIONAL, DAN LALU LINTAS MENGGUNAKAN METODE HIRADC DI KORIDOR 1 TERMINAL BAWEN – STASIUN TAWANG BRT TRANS JATENG (STUDI KASUS : KORIDOR 1 TERMINAL BAWEN – STASIUN TAWANG BRT TRANS JATENG). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18.02.0223-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (592kB)
[img] Text (BAB 1)
18.02.0223-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (89kB)
[img] Text (BAB 2)
18.02.0223-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18.02.0223-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18.02.0223-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18.02.0223-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (86kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.02.0223-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Suatu bahaya dan resiko dapat kita jumpai dimanapun dan kapan pun. Maka kita harus mengutamkan keselamatan agar tidak merugikan diri sendiri. Keselamatan merupakan suatu kondisi aman dan terhindar dari potensi kecelakaan. Seperti melakukan pekerjaan dikantor, bengkel, operasional dan lalu lintas di Perusahaan Otobus. Perusahaan Otobus merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan jasa transportasi. Sebagai penyedia jasa transportasi sudah seharusnya memperhatikan keselamatan para pegawai maupun penumpang. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan Teknik pengumpulan data wawancara. Penelitian ini menganalisis aktivitas pada potensi bahaya di kantor, bengkel, operasional dan lulu lintas di Koridor 1 BRT Trans Jateng menggunakan metode HIRADC untuk mengetahui nilai kemungkinan kejadian dan nilai keparahan dari bahaya dan resiko yang terjadi pada aktivitas pekerjaan di kantor, bengkel, operasional dan lalu lintas. Kemudian menentukan hasil perhitungan tingkat resiko serta pengendalian bahaya resiko yang sudah di identifikasi. Berdasarkan hasil tingkat resiko yang didapat bahwa aktifitas maupun pekerjaan dikantor, bengkel, oprasional dan lalu lintas mendapatkan rata-rata hasil tingkat resiko Low, beberapa mendapatkan hasil tingkat resiko medium dan high. hasil penilaian aktivitas menggunakan laptop maupun komputer memiliki hasil tingkat resiko bahaya tertinggi karena menyebabkan radiasi dan penurunan fungsi mata, serta polusi udara di bengkel memiliki tingkat resiko bahaya tertinggi karena menyebabkan gangguan pernafasan, rute terminal bawen – stasiun tawang memiliki potensi bahaya tertinggi di sepanjang jalan terminal bawen sampai halte sukun karena kurangnya rambu-rambu yang ada, merupakan Kawasan industri dan zona sekolah, serta padatnya lalu lintas yang dipadati oleh kendaraan pribadi dan truk yang bermuatan Over Dimension Over Load. Kata Kunci : Keselamatan, Hazard Identification Risk Assessment and Determining Control (HIRADC)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan, Hazard Identification Risk Assessment and Determining Control (HIRADC)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 18.02.0223 18.02.0223
Date Deposited: 16 Aug 2022 01:27
Last Modified: 16 Aug 2022 07:41
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/246

Actions (login required)

View Item View Item