ANALISIS PENGARUH RAMBU BATAS KECEPATAN, PITA PENGGADUH SERTA KETERLIBATAN POLISI LALU LINTAS TERHADAP TINGKAT KECEPATAN KENDARAAN

SUSANTO, YOLANDA (2022) ANALISIS PENGARUH RAMBU BATAS KECEPATAN, PITA PENGGADUH SERTA KETERLIBATAN POLISI LALU LINTAS TERHADAP TINGKAT KECEPATAN KENDARAAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18010567-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text (BAB 1)
18010567-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (68kB)
[img] Text (BAB 2)
18010567-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18010567-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18010567-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18010567-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (59kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18010567-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tingkat kecepatan kendaraan menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam mengemudi sebuah kendaraan. Jika kendaraan melintas di ruas jalan dengan kecepatan tinggi maka dapat berpotensi membahayakan pengguna jalan lain dan juga dapat membahayakan diri sendiri. Menurut data kecelakaan Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Palu, Sepanjang tahun 2019 – 2021 titik yang sering terjadi kecelakaan di ruas Jalan Trans Sulawesi, Kel.Mamboro. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh rambu batas kecepatan, pita penggaduh serta keterlibatan polisi lalu lintas dalam menurunkan tingkat kecepatan kendaraan. Pada penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui dan menganalisis kecepatan eksisting dan menganalisis pengaruh kecepatan kendaraan pada saat penerapan simulasi rambu batas kecepatan, pita penggaduh, keterlibatan polisi lalu lintas serta penerapan simulasi gabungan. Perhitungan Kecepatan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode perhitungan kecepatan persentil-85 kendaraan. metode ini yaitu untuk menentukan batas kecepatan yang ideal pada ruas jalan yang ditinjau berdasarkan kecepatan persentil-85 kendaraan. Hasil penelitian menunjukan terjadi penurunan kecepatan kendaraan dari kondisi eksisiting dengan kondisi pemasangan simulasi. Dengan Perbandingan kecepatan eksisiting dengan kecepatan saat pemasangan rambu batas kecepatan pada kendaraan Sepeda Motor yaitu 7%, Kendaraan Ringan (LV) yaitu 11% dan Kendaraan Berat yaitu 5%. Perbandingan kecepatan eksisiting dengan kecepatan saat pemasangan Pita Penggaduh pada kendaraan Sepeda Motor yaitu 14%, Kendaraan Ringan (LV) yaitu 11% dan Kendaraan Berat yaitu 6%. Perbandingan kecepatan eksisiting dengan kecepatan saat Keterlibatan Polisi Lalu Lintas pada kendaraan Sepeda Motor yaitu 17%, Kendaraan Ringan (LV) yaitu 13% dan Kendaraan Berat yaitu 26%. kecepatan eksisiting dengan kecepatan saat simulasi Gabungan pada kendaraan Sepeda Motor yaitu 19%, Kendaraan Ringan (LV) yaitu 21% dan Kendaraan Berat yaitu 29%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Batas Kecepatan, Pita Penggaduh, Polisi Lalu Lintas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0567 18.01.0567
Date Deposited: 10 Aug 2022 06:38
Last Modified: 10 Aug 2022 06:38
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item