OKTAFISIANTI, AMALIA (2021) UJI KESESUAIAN DAYA PANCAR LAMPU UTAMA SEPEDA MOTOR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
17020191_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (612kB) |
|
Text (BAB 1)
17020191_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (507kB) |
|
Text (BAB 2)
17020191_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (753kB) |
|
Text (BAB 3)
17020191_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (654kB) |
|
Text (BAB 4)
17020191_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5)
17020191_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (380kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17020191_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Faktor keselamatan merupakan komponen utama pada saat mengemudikan kendaraan bermotor. Karena keselamatan sangat penting bagi setiap manusia. Salah faktor terjadinya kecelakaan adalah pencahayaan pada kendaraan. Faktor pencahayaan bisa berupa terang nya pencahayaan sehingga pengemudi tidak bisa melihat dengan baik, untuk itu perlu dibuat sistem pencahayaan yang bisa mengoptimalkan pandangan pengemudi dan tidak mengganggu orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil uji coba lampu bohlam HONDA 25 watt dan lampu LED RAYTON 30 watt pada arah sinar yang berbeda. Menjelaskan perbedaan kuat cahaya, intensitas cahaya, dan spektrum cahaya pada arah sinar yang berbeda. Metode ini menggunakan teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik pengumpulan data analisis kuantitatif dengan cara mengolah hasil perbandingan uji coba lampu bohlam dan lampu LED pada kedua lampu tersebut menggunakan metode spss analisis uji korelasi dan uji homogenitas untuk mencari hubungan antara dua variabel yang bersifat kuantitatif dan mengetahui apakah populasi pada sampel yang digunakan dalam penelitian sejenis atau tidak. Hasil penelitian adalah mampu mengetahui kuat cahaya dan spektrum dari lampu bohlam dan lampu LED, mengetahui cara mengitung penyebaran cahaya. Untuk lampu LED warna biru pada lampu harus diturunkan karena energi yang dihasilkan sangat besar sehingga menimbulkan kurang nya kenyamanan bagi pengendara lain ketika berlawanan arah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sistem penerangan, kuat cahaya, spektrum cahaya. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | Admin TRO |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 04:15 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 04:15 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2291 |
Actions (login required)
View Item |