EFEKTIVITAS RUANG HENTI KHUSUS KENDARAAN SEPEDA MOTOR DI KABUPATEN CILACAP

ZUHRIANTO, FARHAN AFIF (2022) EFEKTIVITAS RUANG HENTI KHUSUS KENDARAAN SEPEDA MOTOR DI KABUPATEN CILACAP. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18010488-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (735kB)
[img] Text (BAB 1)
18010488-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (58kB)
[img] Text (BAB 2)
18010488-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18010488-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18010488-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18010488-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (66kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18010488-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan populasi kendaraan yang naik dari tahun ke tahun diiringi dengan peningkatan jumlah sepeda motor di tahun 2019 sebanyak 388.039 dari 430.836 kendaraan seluruhnya. Bertambahnya populasi kendaraan terutama sepeda motor tidak sebanding dengan bertambahnya ruas jalan di Kabupaten Cilacap. Hal ini dapat mempengaruhi penurunan kinerja lalu lintas yang disebabkan dari terjadinya penumpukan antrian sepeda motor di persimpangan (Wahana dkk, 2019). Untuk mengatasi penurunan kinerja maka Pemerintah Kabupaten Cilacap membuat sarana dan prasarana transportasi berupa ruang henti khusus (RHK) sepeda motor. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis efektivitas ruang henti khusus sepeda motor di simpang bersinyal Kabupaten Cilacap. Parameter yang digunakan untuk penelitian ini adalah kondisi eksisting simpang dan ruang henti khusus dan presentase keterisian RHK. Metode penelitian dilakukan dengan cara menghitung jumlah kendaraan pada RHK dan kemudian mengetahui efektivitas penerapan Ruang Henti Khusus Sepeda motor. Penerapan ruang henti khusus sepeda motor di Kabupaten Cilacap dilakukan penelitian pada dua simpang yaitu simpang terminal Cilacap dan simpang CPM Cilacap. Didapatkan hasil yaitu ruang henti khusus sepeda motor pada simpang terminal Cilacap hanya pada pendekat barat yang berhasil diterapkan RHK sedangkan pada pendekat timur hanya cukup berhasil dengan persentase 67 % dan pada pendekat utara selatan kurang berhasil diterapkan ruang henti khusus dengan persentase dibawah 60%. Pada simpang CPM Cilacap terdapat satu pendekat kaki simpang yang berhasil diterapkan RHK yaitu pada pendekat barat sedangkan pada pendekat utara dan timur kurang berhasil diterapkan karena memiliki persentase keterisian dibawah 60%. Penelitian ini juga menganalisis warna pada ruang henti khusus berdasarkan teori psikologi warna. Hasil dari analisis tersebut yaitu warna merah yang sudah diterapkan pada ruang henti khusus menurut psikologi warna memberikan arti energi atau action dan dampak dari warna tersebut terhadap psikologi pengendara maupun pengguna jalan adalah menyerukan terlaksananya suatu tindakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ruang Henti Khusus, Simpang Bersinyal, Sepeda Motor
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0488 18.01.0488
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:52
Last Modified: 10 Aug 2022 04:52
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item View Item