PENGARUH PENGGUNAAN BIODIESEL DEXLITE B30B40 DAN B50 TERHADAP DAYA, KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA KENDARAAN DIESEL COMMON RAIL

MARINO, DENE ERFA (2021) PENGARUH PENGGUNAAN BIODIESEL DEXLITE B30B40 DAN B50 TERHADAP DAYA, KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN EMISI GAS BUANG PADA KENDARAAN DIESEL COMMON RAIL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17020168_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[img] Text (BAB 1)
17020168_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (73kB)
[img] Text (BAB 2)
17020168_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text (BAB 3)
17020168_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
17020168_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img] Text (BAB 5)
17020168_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (69kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17020168_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia memiliki perkebunan kelapa sawit yang besar dengan hasil minyak kelapa sawit yang melimpah dan menumpuk, hal ini dikarenakan ekspor kelapa sawit ke Uni Eropa sudah tidak di izinkan yang disebabkan oleh pengaruh Black Campaigne mengenai isu Deforestasi hutan hujan tropis yang dikaitkan dengan pengembangan perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Indonesia mengalami krisis bahan bakar minyak sehingga diciptakannya bahan bakar yang berasal dari minyak nabati yaitu Biodiesel. Pada saat ini pemerintah telah menetapkan penggunaan Biodiesel B30 yang merupakan campuran bahan bakar biosolar dengan kandungan FAME (Fatty Acid Methyl Ester) sebesar 30%. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menggunakan bahan bakar dexlite B30 dengan penambahan FAME dengan asumsi 40% dan 50% sehingga akan menghasilkan bahan bakar dexlite B40 dan B50. Pada penelitian ini digunakan untuk mengetahui performa mesin kendaraan diesel common rail terhadap daya, konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada kecepatan 60 Km/Jam, 80 Km/Jam dan 100 Km/Jam yang diukur menggunakan alat Chassis Dynamometer. Berdasarkan hasil analisis data Two-Way Mnova menunjukkan bahwa penggunaan bahan bakar Dexlite B30 memiliki daya yang tinggi emisi gas buang yang rendah namun konsumsi bahan bakar lebih boros dibandingkan Dexlite B40 dan B50. Untuk penambahan FAME sebesar 40% dan 50% pada bahan bakar Dexlite memiliki penurunan daya kendaraan namun memiliki sedikit perbedaan selisih konsumsi bahan bakar yaitu lebih hemat B40 dan B50. Dari hasil perhitungan estimasi rata-rata kecepatan terhadap 3 jenis bahan bakar disarankan untuk menggunakan kecepatan 80 Km/Jam untuk memperoleh konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang terbaik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Krisis BBM, Campuran BBM dengan FAME, Daya, Emisi Gas buang
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: Admin TRO
Date Deposited: 14 Dec 2023 01:02
Last Modified: 14 Dec 2023 01:02
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2279

Actions (login required)

View Item View Item