ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN BIODIESEL B40,DEXLITE B40, DAN PERTAMINA DEX TERHADAP PERFORMA,KONSUMSI BAHAN BAKAR,DAN EMISI GAS BUANG KENDARAAN COMMON RAIL

FADILLAH, HELMY (2020) ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN BIODIESEL B40,DEXLITE B40, DAN PERTAMINA DEX TERHADAP PERFORMA,KONSUMSI BAHAN BAKAR,DAN EMISI GAS BUANG KENDARAAN COMMON RAIL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16020139_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (791kB)
[img] Text (BAB 1)
16020139_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (281kB)
[img] Text (BAB 2)
16020139_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img] Text (BAB 3)
16020139_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 4)
16020139_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
16020139_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (279kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16020139_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia saat ini dalam kondisi darurat energi karena terus menurunnya produksi minyak mentah dan terus naiknya kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) masyarakat. Mengakibatkan kebutuhan impor BBM terus meningkat. Pemanfaatan kelapa sawit sebagai salah satu bahan campuran solar membuat Indonesia memiliki bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar fossil, hal ini menyebabkan Parlemen Uni Eropa menyimpulkan bahwa dampak dari produksi minyak sawit dapat merusak bumi, dengan contoh penggundulan hutan, degradasi habitat, terutama di Asia Tenggara. Presiden Joko Widodo mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 66 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Perpres No. 61 Tahun 2015 tentang Perhimpunan dan Penggunaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit. Peraturan Presiden dilengkapi dengan Permen ESDM No. 41 Tahun 2018 tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Bahan Bakar Nabati (BBN) Jenis Biodiesel dalam Kerangka Pembiayaan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen yang dilakukan menggunakan Chassis Dynamometer. Penelitian ini menggunakan variasi campuran Fatty Acid Methyl Ester (FAME) ke dalam bahan bakar. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui performa mesin terhadap penambahan FAME, konsumsi bahan bakar ,dan emisi gas buang yang ditimbulkan pada mesin Diesel Common Rail. Berdasarkan hasil analisis data membuktikan bahwa penambahan FAME sebesar 40% pada bahan bakar solar masih bisa tetap digunakan walaupun memiliki daya yang rendah, konsumsi bahan bakar yang lebih boros, dan emisi gas buang yang lebih kotor, akan tetapi masih dalam ambang batas emisi yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: aya, Konsumsi BBM, Emisi Gas Buang
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: Admin TRO
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:35
Last Modified: 11 Dec 2023 09:35
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2256

Actions (login required)

View Item View Item