ANALISIS RISIKO DAN POTENSI BAHAYA PEKERJAAN DI BENGKEL MAINTENANCE HEADTRUCK DAN CHASSIS TERMINAL PETIKEMAS KOJA, JAKARTA UTARA

AJI, KRISNA WAHYU KUSUMA (2018) ANALISIS RISIKO DAN POTENSI BAHAYA PEKERJAAN DI BENGKEL MAINTENANCE HEADTRUCK DAN CHASSIS TERMINAL PETIKEMAS KOJA, JAKARTA UTARA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
14020092_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img] Text (BAB 1)
14020092_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB 2)
14020092_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img] Text (BAB 3)
14020092_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (BAB 4)
14020092_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text (BAB 5)
14020092_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (120kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14020092_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)

Abstract

Terminal Petikemas Koja memiliki beberapa unit perbaikan teknis (bengkel) dengan fasilitas seperti unit perbaikan engine, chassis, understeel, kelistrikan, tempat cuci kendaraan, dan lahan parkir kendaraan bongkar muat petikemas. Pada semua unit perbaikan masih terdapat mekanik dan pekerja yang mengalami kecelakaan kerja dikarenakan kurangnya rasa hati-hati, peralatan yang tidak layak pakai, dan penggunaan alat pelindung diri yang belum sesuai dengan kondisi pekerjaan. Dari permasalahan diatas maka dilakukan analisis dengan metode job safety analysis untuk mengetahui langkah-langkah pekerjaan perawatan perbaikan engine dan chassis serta melakukan wawancara kepada mekanik dibagian perbaikan engine dan chassis untuk mengetahui tingkat frekuensi kecelakaan kerja yang terjadi. Sehingga dapat diketahui seberapa tinggi tingkat risiko dan potensi bahaya yang ada pada perawatan perbaikan engine dan chassis. Setelah dilakukan analisis seperti diatas kemudian di konversi kan menggunakan skala Likert sehingga menghasilkan jumlah nilai pada perbaikan engine total nilai 37, nilai rata-rata 1,60 dan nilai modus 2, dengan kesimpulan tingkat resiko pada perbaikan engine adalah Low (L) dan pada perbaikan chassis total nilai 30, nilai rata-rata 1,30 dan nilai yang sering muncul (modus) 1, dengan kesimpulan tingkat resiko pada perbaikan chassis adalah Low (L).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perbaikan engine dan Chassis, job safety analysis, tingkat risiko
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: Admin TRO
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:30
Last Modified: 11 Dec 2023 09:30
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2226

Actions (login required)

View Item View Item