EFEKTIFITAS INTERVAL WAKTU PENGGANTIAN BAN PADA KENDARAAN DISTRIBUSI DENGAN METODE AGE REPLACEMENT(STUDI KASUS DI PT. SAMATOR CABANG GRESIK)

WIBISONO, FAUZI ARKA PUTRI (2018) EFEKTIFITAS INTERVAL WAKTU PENGGANTIAN BAN PADA KENDARAAN DISTRIBUSI DENGAN METODE AGE REPLACEMENT(STUDI KASUS DI PT. SAMATOR CABANG GRESIK). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
14020086_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (636kB)
[img] Text (BAB 1)
14020086_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (324kB)
[img] Text (BAB 2)
14020086_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
14020086_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text (BAB 4)
14020086_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
14020086_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (320kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14020086_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

PT. Samator Cabang Gresik adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan distribusi gas industri. Kegiatan distribusi merupakan salah satu kegiatan utama perusahaan yang tidak boleh terhambat, sarana utama kegiatan distribusi adalah kendaraan distribusi yang rentan mengalami kerusakan. Kerusakan paling banyak terjadi pada setiap kendaraan berada pada ban, baik ban baru maupun ban vulkanisir sehingga ban baru dan ban vulkanisir dikategorikan sebagai komponen kritis. Tujuan dari penelitian ini untuk menetukan efektifitas interval waktu penggantian ban pada kendaraan distribusi Kerusakan ban selama periode Maret 2016 sampai Maret 2018 terjadi ratarata tujuh kali kerusakan untuk ban vulkanisir dan dua kali kerusakan untuk ban baru. Perhitungan yang dilakukan menggunakan metode Age Replacement yang merupakan metode penggantian suatu komponen berdasarkan usia pakai komponen tersebut. Metode ini menggunakan beberapa pola distribusi data yang diolah dengan rumus sesuai dengan pola distribusi yang terbentuk. Proses perhitungan data dilakukan melalui beberapa langkah, mulai dari perhitungan interval waktu kerusakan/Time to Failure (TTF), rata-rata waktu kerusakan/Mean Time to Failure (MTTF) hinga didapat waktu penggantian terbaik, nilai keandalan/Reliability dan laju kerusakan. Berdasarkan pola yang terbentuk dengan penghitungan menggunakan metode Age Replacement maka dapat diperoleh interval waktu penggantian ban paling efektif untuk kedua jenis ban. Waktu terbaik penggantian ban baru selama 161 hari atau setara 16100 km dengan pola distribusi normal. Sedangkan ban vulkanisir selama 58 hari atau setara 5800 km dengan pola distribusi lognormal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kerusakan, Ban, Penggantian, Age Replacement
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: Admin TRO
Date Deposited: 11 Dec 2023 09:29
Last Modified: 11 Dec 2023 09:29
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2225

Actions (login required)

View Item View Item