ANALISIS PENGARUH ON-STREET PARKING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN DIPONEGORO MENGGUNAKAN SOFTWARE VISSIM 9 (STUDI KASUS MAJENANG, KABUPATEN CILACAP)

ZULFAHMI, RIZKY (2021) ANALISIS PENGARUH ON-STREET PARKING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN DIPONEGORO MENGGUNAKAN SOFTWARE VISSIM 9 (STUDI KASUS MAJENANG, KABUPATEN CILACAP). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17010414_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (227kB)
[img] Text (BAB 1)
17010414_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (64kB)
[img] Text (BAB 2)
17010414_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text (BAB 3)
17010414_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (BAB 4)
17010414_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
17010414_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (64kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17010414_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)

Abstract

Jalan Diponegoro merupakan jalan yang memiliki karakteristik lalu lintas mix traffic dikarenakan jalan merupakan jalan nasional yang dilewati oleh kendaraan besar dan kendaraan ringan serta memiliki aktivitas sekitar yang tinggi karena berada di wilayah pertokoan selain itu terdapat on street parking di ruas Jalan Diponegoro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan on street parking terhadap kinerja ruas jalan. Selain melakukan analisis menggunakan MKJI 1997, penelitian ini juga menggunakan software VISSIM untuk simulasi kondisi ruas jalan Diponegoro dengan adanya on street parking tersebut. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, adanya on street parking mengakibatkan penurunan kapasitas jalan yang dibuktikan dengan kinerja jalan yang masuk kedalam kategori E berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas dengan kecepatan rata rata kendaraan melintas sebesar 32,98 Km/jam untuk arah lalu lintas dari timur ke barat dan 34,14 Km/Jam untuk arah lalu lintas dari barat ke timur. Selain itu antrean yang terjadi di ruas jalan sepanjang 23,58 meter dari hasil pengukuran di lapangan menjadi faktor penyebab kurangnya laju kendaraan di ruas Jl. Diponegoro dikarenakan anteran yang timbul di Jl. Diponegoro menyebabkan tundaan lalu lintas. Adanya on street parking juga mengakibatkan peningkatan tundaan akibat konflik yang diakibatkan kendaraan yang melakukan manufer untuk masuk dan keluar area parkir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: parkir, kinerja, antrean, tundaan, konflik, VISSIM
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 22 Nov 2023 08:02
Last Modified: 22 Nov 2023 08:02
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2178

Actions (login required)

View Item View Item