MAULANA, PUPUT AYU (2021) ANALISIS PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KECEPATAN KENDARAAN DI RUAS JALAN RAYA BANJARAN ADIWERNA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
17010411_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (153kB) |
|
Text (BAB 1)
17010411_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (81kB) |
|
Text (BAB 2)
17010411_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
|
Text (BAB 3)
17010411_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) |
|
Text (BAB 4)
17010411_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
|
Text (BAB 5)
17010411_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (65kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17010411_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
Abstract
Jalan Raya Banjaran Adiwerna berada di wilayah pasar dan pertokoan yang memiliki aktivitas yang ditimbulkan pada jam sibuk menyebabkan kemacetandan menurunkan kapasitas jalan. Aktivitas- aktivitas tersebut antara lain adanyapejalan kaki yang menyeberang jalan, aktivitas kendaraan bermotor dan tidakbermotor seperti becak dan sepeda yang keluar masuk jalan umum, kendaraanumum yang menaikkan dan menurunkan penumpang dan barang di sepanjang ruas jalan raya Banjaran adiwerna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuikarakteristik kinerja arus lalu lintas dan pengaruh hambatan samping terhadap kecepatan kendaraan di ruas Jalan Raya Banjaran Adiwerna. Penelitian dilakukan selama 4 hari, yaitu pada hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu. Pengambilan data secara langsung dilapangan, untuk volume lalu lintas, kecepatan kendaraan dan data hambatan samping dibagi per 15 menit. Selanjutnya dilakukan analisa data yang dibagi dalam dua bagian yaitu volume lalu lintas, kecepatan, dan kapasitas jalan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Tahun 1997. Hasil perhitungan menggunakan MKJI 1997 diperoleh kapasitas jalan 2843,16 smp/jam, volume jam puncak yang berkisar antara 1.935 sampai 1.973 smp/jam, nilai v/c ratio sebesar 0,69 dan tingkat pelayanan jalan C pada jam puncak. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, pengaruh hambatan samping terhadap kecepatan kendaraan adalah 80,7 % dengan model persamaannya Y = 87,823 –0,029 X2- 0,053 X7 – 0,021X9 .faktor hambatan samping yang berpengaruh secara signifikan terhadap volume kendaraan adalah penyeberang jalan dan kendaraan tak bermotor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hambatan samping, kecepatan dan volume kendaraan. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Admin RSTJ |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 08:02 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 08:02 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2176 |
Actions (login required)
View Item |