SIMULASI PENERAPAN CURB EXTENSION SEBAGAI ALAT PENGENDALI KECEPATAN KENDARAAN DI PERSIMPANGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE VISSIM (STUDI KASUS : SIMPANG EMPAT JALAN G. OBOS, KOTA PALANGKA RAYA)

PITASARI, THALIA MARETA (2020) SIMULASI PENERAPAN CURB EXTENSION SEBAGAI ALAT PENGENDALI KECEPATAN KENDARAAN DI PERSIMPANGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE VISSIM (STUDI KASUS : SIMPANG EMPAT JALAN G. OBOS, KOTA PALANGKA RAYA). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16010355_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (894kB)
[img] Text (BAB 1)
16010355_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (380kB)
[img] Text (BAB 2)
16010355_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
16010355_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
16010355_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
16010355_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (382kB)
[img] Text (LAMP[IRAN)
16010355_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tindakan mengebut merupakan salah satu agressive driving yang tidak hanya dilakukan di ruas jalan tetapi juga di persimpangan. Upaya manajemen kecepatan melalui pemasangan fasilitas perlengkapan jalan seperti rambu dan marka batas kecepatan serta penggunanaan alat pengendali kecepatan di persimpangan seperti curb extension dapat mengurangi kecepatan kendaraan khususnya pada saat belok kiri langsung. Curb extension merupakan alat pengendali kecepatan yang merubah desain simpang dan memaksa kendaraan untuk mengurangi kecepatan ketika melewati persimpangan. Penggunaan curb extension juga dapat mempengaruhi kinerja simpang. Simpang empat bersinyal G. Obos memiliki pergerakan kendaraan belok kiri langsung dan pengaturan empat fase. Simulasi kondisi eksisting dan penerapan curb extension dilakukan menggunakan software VISSIM. Pada simulasi penerapan curb extension, penurunan kecepatan kendaraan belok kiri langsung yang dijadikan sebagai reduced speed area berdasarkan persentase penurunan kecepatan dari studi literatur yaitu sebesar 7%. Penerapan curb extension dilakukan dengan 2 skenario yang pertama penerapan curb extension tanpa perubahan waktu hijau efektif dan yang kedua penerapan curb extension disertai perubahan waktu hijau efektif yang disesuaikan dengan kondisi arus lalu lintas. Hasil simulasi kondisi eksisting dengan software VISSIM menunjukkan waktu tundaan simpang sebesar 86,89 detik, pada penerapan curb extension dengan skenario 1 meningkat sedikit menjadi 87,24 detik dan pada skenario 2 mengalami penurunan menjadi 75,93 detik (-13%). Pada simulasi dengan software VISSIM didapatkan pula hasil persentase pengurangan kecepatan kendaraan belok kiri langsung skenario 2 sebesar 12% untuk kendaraan bermotor (MC), 12% untuk kendaraan ringan (LV), dan 12% untuk kendaraan berat (HV).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecepatan, Alat Pengendali Kecepatan, Curb Extension, Simpang Bersinyal, VISSIM
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 21 Nov 2023 08:10
Last Modified: 21 Nov 2023 08:10
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2150

Actions (login required)

View Item View Item