ANALISIS PENURUNAN ANGKA KECELAKAAN DENGAN KONSEP PENGALIHAN KENDARAAN PRIBADI KE KENDARAAN UMUM ( STUDI KASUS KAWASAN INDUSTRI KOTA SEMARANG BARAT )

HIDAYATULLAH, FIQRI HAIKAL (2019) ANALISIS PENURUNAN ANGKA KECELAKAAN DENGAN KONSEP PENGALIHAN KENDARAAN PRIBADI KE KENDARAAN UMUM ( STUDI KASUS KAWASAN INDUSTRI KOTA SEMARANG BARAT ). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16010345_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text (BAB 1)
16010345_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (83kB)
[img] Text (BAB 2)
16010345_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (BAB 3)
16010345_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (BAB 4)
16010345_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text (BAB 5)
16010345_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (74kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16010345_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)

Abstract

Kebutuhan akan transportasi yang lancar, aman dan sesuai dengan lingkungan adalah merupakan keinginan masyarakat seluruh kota di Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan akan transportasi, orang cenderung membeli kendaraan sendiri baik berupa kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui berapa banyak biaya masyarakat apabila menggunakan Transportasi Umum, kemudian bagaimana cara agar masyarakat mau beralih ke Transportasi Umum. Penelitian ini juga untuk mengetahui cara menerunkan angka kecelakaan pada lokasi Kawasan Industri Kota Semarang Barat. Metode penelitan menggunakan perhitungan biaya oprasional kendaraan dengan pemakaian per hari dan pemakain bahan bakar serta analis daerah rawan kecelakaan, Berdasarkan analisa perhitungan Penghematan biaya transportasi apabila sebagian masyarakat beralih ke Bus Trans Semarang di tinjau dari segi biaya yang dikeluarkan adalah sebesar Rp. 1.080.046,- untuk satu harinya. Denagn perincian biaya sebagai berikut Jumlah total biaya yang bisa dihemat dengan adanya moda transportasi bus trans Semarang adalah : (Biaya sebelum ada bus trans Semarang dikurangi biaya setelah ada bus trans). Rp.2.123.046 - Rp. 1.043.000,- =Rp.1.080.046. Hasil identifikasi daerah rawan kecelakaan menggunakan metode Z-Score dan AEK (Angka Ekuivalen Kecelakaan), didapatkan ruas jalan Gatot Subroto yang teridentifikasi sebagai daerah rawan kecelakaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kendaraan Umum , Moda Transportasi, Bus Trans Semarang.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 21 Nov 2023 01:01
Last Modified: 21 Nov 2023 01:01
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2138

Actions (login required)

View Item View Item