EFEKTIVITAS RAMBU, MARKA BATAS KECEPATAN DAN RUMBLE STRIP UNTUK MEREDUKSI KECEPATAN KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS : JALAN JATISRONO - JATIROTO KABUPATEN WONOGIRI)

KUMALASARI, DEWI (2020) EFEKTIVITAS RAMBU, MARKA BATAS KECEPATAN DAN RUMBLE STRIP UNTUK MEREDUKSI KECEPATAN KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS : JALAN JATISRONO - JATIROTO KABUPATEN WONOGIRI). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16010343_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (547kB)
[img] Text (BAB 1)
16010343_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (386kB)
[img] Text (BAB 2)
16010343_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)
[img] Text (BAB 3)
16010343_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
16010343_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
16010343_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (372kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16010343_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mengemudi melebihi batas kecepatan merupakan salah satu faktor utama penyebab kecelakaan lalu lintas. Kecepatan tinggi akan menyebabkan pengendara tidak memiliki cukup ruang dan waktu untuk melakukan pengereman atau penghindaran sehingga dapat meningkatkan resiko kecelakaan dan fatalitas. Manajemen kecepatan merupakan serangkaian tindakan yang bertujuan untuk mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas, luka serius dan kematian akibat kecelakaan. Jalan Jatisrono-Jatiroto merupakan daerah rawan kecelakaan dengan penyebab kecelakaan tertinggi yaitu kurangnya antisipasi oleh pengemudi yang bersumber dari kecepatan tinggi sehingga perlu adanya pemasangan perangkat manajemen kecepatan dilapangan untuk mengurangi kecepatan. Terdapat 4 jenis perangkat yang disimulasikan dalam penelitian ini diantaranya simulasi 1 yaitu penerapan rambu dan marka batas kecepatan, simulasi 2 penerapan rambu dan rumble strip, simulasi 3 penerapan marka batas kecepatan dan rumble strip, dan simulasi 4 penerapan dari ketiga perangkat manajemen kecepatan yaitu penerapan rambu, marka batas kecepatan dan rumble strip. Efektivitas perangkat manajemen kecepatan didasarkan pada penurunan kecepatan sesuai batas kecepatan dan analisis uji perbandingan rata-rata. Berdasarkan hasil analisis bahwa perangkat manajemen kecepatan yang paling efektif adalah simulasi 4 penerapan rambu, marka batas kecepatan dan rumble strip karena dapat menurunkan kecepatan paling signifikan hingga 12 km/jam (21%) mendekati batas kecepatan yang ditentukan berdasarkan PM No 111 tahun 2015.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecepatan, Perangkat manajemen kecepatan, Rambu, Marka Batas Kecepatan, rumble Strip.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 21 Nov 2023 01:01
Last Modified: 21 Nov 2023 01:01
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2135

Actions (login required)

View Item View Item