BAIHAQI, SAIHAN (2020) EVALUASI PEMBERLAKUAN LALU LINTAS SISTEM SATU ARAH PADA JALAN PANGERAN DIPONEGORO KOTA TEGAL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
16010330_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (678kB) |
|
Text (BAB 1)
16010330_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (124kB) |
|
Text (BAB 2)
16010330_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) |
|
Text (BAB 2)
16010330_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
|
Text (BAB 4)
16010330_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB 5)
16010330_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (128kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
16010330_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (985kB) |
Abstract
Penerapan sistem satu arah pada ruas jalan Pangeran Diponegoro dipandang perlu dilakukan kajian lebih lanjut dan evaluasi untuk mendapatkan gambaran efektifitas atas penerapan kebijakan tersebut oleh Pemerintah kota Tegal karena menimbulkan kemacetan dibeberapa titik ruas jalan khususnya Jalan K.H Wahid Hasyim. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui kinerja lalu lintas sebelum diterapkannya sistem satu arah di Jalan Pangeran Diponegoro, mengetahui kinerja lalu lintas sesudah diterapkannya sistem satu arah di jalan Pangeran Diponegoro, menetapkan rekomendasi terhadap pemberlakuan sistem satu arah di Jalan Pangeran Diponegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kinerja ruas dan persimpangan jalan, analisis kecepatan kendaraan, analisis nilai skor evaluasi kinerja lalu lintas dan analisis dampak lalu lintas. Skor kinerja lalu lintas Jalan Pangeran Diponegoro tahun 2017 sebelum diterapkannya sistem satu arah menggunakan metode MKJI dan software vissim berturut-turut sebesar 22 dan 25, dan tahun 2020 berturut-turut sebesar 21 dan 23. Skor kinerja lalu lintas setelah diterapkannya sistem satu arah menggunakan metode MKJI dan software vissim tahun 2017 berturut-turut sebesar 19 dan pada tahun 2020 sebesar 17. Rekomendasi penanganan sistem satu arah yaitu dengan merubah Jalan Ahmad Yani menjadi sistem satu arah dan mengganti APILL dengan kanalisasi atau bundaran pada Simpang 4 Jakarta dan mendapatkan hasil peningkatan pada kecepatan kendaraan dan menurunkan tundaan kendaraan. Total skor skenario penanganan memiliki jumlah lebih tinggi untuk skenario 1 dengan jumlah 24 dan skenario 2 dengan jumlah 25 sehingga dapat meningkatkan kinerja lalu lintas ruas dan simpang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Satu Arah, Kinerja Lalu Lintas, Skoring. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Admin RSTJ |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 01:00 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 01:00 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2128 |
Actions (login required)
View Item |