EVALUASI FASILITAS PENYEBERANGAN MENGGUNAKAN ANALISIS GAP ACCEPTANCE(STUDI KASUS:RUAS JALAN PROF.DR.HAMKA DEPAN KAMPUS 3 UIN WALISONGO, SEMARANG)

SARI, PRADITA ALFATIKHAH (2020) EVALUASI FASILITAS PENYEBERANGAN MENGGUNAKAN ANALISIS GAP ACCEPTANCE(STUDI KASUS:RUAS JALAN PROF.DR.HAMKA DEPAN KAMPUS 3 UIN WALISONGO, SEMARANG). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16010328_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (710kB)
[img] Text (BAB 1)
16010328_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (400kB)
[img] Text (BAB 2)
16010328_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
16010328_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text (BAB 4)
16010328_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB 5)
16010328_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (480kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16010328_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pesatnya pergerakan lalu lintas ruas Jalan Prof. Dr. Hamka Kota Semarang khususnya depan Kampus 3 UIN Walisongo yang merupakan kawasan pendidikan dan pertokoan ditandai dengan banyaknya aktivitas pejalan kaki yang melintas di ruas tersebut namun terbatas akan prasarana serta perilaku pejalan kaki yang menyeberang bu kan pada fasilitas dapat membahayakan bagi penyeberang itu sendiri. Tingginya aktifitas lalu lintas menyebabkan sulitnya seseorang mendapatkan kesempatan (gap) untuk menyeberang jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksisting lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki, mengetahui celah minimum (gap acceptance) kendaraan bagi pejalan kaki dan menentukan perencanaan fasilitas pejalan kaki dan desain fasilitas penyeberangan yang berkeselamatan. Metode yang digunakan yaitu karakteristik pejalan kaki, tingkat pelayanan fasilitas pejalan kaki, analisis PV , dan analisis gap acceptance. Kapasitas ruas jalan Prof. Dr. Hamka adalah 6246,24 smp/jam dengan pengkategorian Level Of Service “B”. Tingkat pelayanan fasilitas trotoar termasuk dalam kategori E. Analisis PV 2 didapatkan bahwa pelican crossing dengan 2 lapak tunggu/pelindung sebagai rekomendasi fasilitas penyeberangan. Analisis gap acceptance pejalan kaki menunjukkan peluang pejalan kaki yang dapat menyeberang dengan aman terhadap gap kritis eksisting di lokasi studi terutama pada jam sibuk kendaraan dan pejalan kaki sangatlah kecil sehingga peningkatan fasilitas zebra cross menjadi pelican crossing dengan lapak tunggu sangat tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Gap Acceptance, Pejalan Kaki, Fasilitas Pejalan Kaki
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 21 Nov 2023 00:59
Last Modified: 21 Nov 2023 00:59
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2125

Actions (login required)

View Item View Item