KARTIKO, IRAWAN PANJI (2020) KAJIAN NILAI PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) DAN IRI (INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX) DALAM MENINGKATKAN KESELAMATAN DI JALAN TOL PEJAGAN-PEMALANG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
16010299_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (912kB) |
|
Text (BAB 1)
16010299_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (399kB) |
|
Text (BAB 2)
16010299_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 3)
16010299_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB 4)
16010299_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB 5)
16010299_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (383kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
16010299_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Jalan Tol Pejagan-Pemalang merupakan bagian dari tol Trans Jawa yang dikelola oleh PT. Pejagan-Pemalang Toll Road, menghubungkan daerah Pejagan, Brebes dengan Pemalang, Jawa Tengah. Seperti prasarana jalan pada umumnya, jalan tol ini juga mengalami hal yang sama. Ruas jalan tol yang terbebani oleh kendaraan roda empat dan lainya yang tergolong kendaraat berat, dengan intensitas volume yang tinggi dan berulang-ulang akan menyebabkan penurunan kualitas jalan sebagaimana indikatornya dapat diketahui dari kondisi permukaan jalan yang mengalami kerusakan dan ketidakrataan jalan. Kerusakan jalan dan ketidakrataan jalan dapat dianalisis menggunakan PCI (Pavement Condition Index) dan IRI (International Roughness Index). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi jalan dengan menggunakan metode PCI, menganalisis kesesuaian nilai IRI pada lokasi dengan SPM Jalan Tol serta menganalisis hubungan nilai PCI dan IRI pada lokasi studi. Data yang dianalisis diperoleh dari survey mengunakan alat bantu Hawkeye, kemudian data yang telah diperoleh dianalisis dengan menggunakan perhitungan metode PCI dan IRI serta menggunakan regresi linear dengan bantuan software SPSS. Dari hasil analisis tersebut diperoleh hasil bahwa pada ruas jalan tol Pejagan-Pemalang termasuk dalam kondisi Excellent dengan nilai PCI rata-rata dalam ruas ini yaitu 95.83, kondisi ketidakrataan jalan pada ruas ini 89.90% sudah memenuhi SPM Jalan Tol, dan sisanya belum memenuhi dan hubungan antara nilai kerusakan jalan (PCI) dan nilai ketidakrataan jalan (IRI) menghasilkan persamaan IRI = 4.664 + 0.027 PCI dengan nilai koefisien determinasi 0.627 artinya nilai PCI berpengaruh sebesar 62.7% terhadap nilai IRI. Analisis korelasi menghasilkan nilai korelasi sebesar -0.799, dengan nilai signifikansi 0.00 yang berarti bahwa kedua parameter berkorelasi cukup kuat. Nilai korelasi yang menunjukkan tanda negatif berarti bahwa korelasi berlawanan arah menunjukkan bahwa setiap kenaikan PCI akan diikuti penurunan IRI, atau sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kerusakan Jalan, Jalan Tol, Pejagan-Pemalang, Pavement Conditiont Index, International Roughness Index |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Admin RSTJ |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 00:57 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 00:57 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2109 |
Actions (login required)
View Item |