NURMA AFIFI MAULIDA, NURMA (2022) PENGARUH U-TURN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN RAYA TROSOBO KABUPATEN SIDOARJO. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
18.01.0495-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (766kB) |
|
Text (BAB 1)
18.01.0495-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (434kB) |
|
Text (BAB 2)
18.01.0495-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
18.01.0495-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (612kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
18.01.0495-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
18.01.0495-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (370kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
18.01.0495-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Bukaan median merupakan sebuah fasilitas yang digunakaan untuk menunjang kebutuhan khusus kendaraan dan didesain untuk kendaraan yang akan gerakan putar balik arah atau disebut sebagai gerakan u–turn. Fasilitas u-turn berfungsi untuk mempercepat waktu tempuh kendaraan menuju tempat tujuan. Pada jam sibuk atau peak hour tingginya volume lalu lintas mempengaruhi terjadinya antrian kendaraan yang akan melakukan putar balik. Fasilitas u-turn merupakan salah satu lokasi yang berpotensi menimbukkan konflik lalu lintas. Lokasi penelitian ini yaitu pada fasilitas u-turn depan Patung Kuda Citra Harmoni, Jalan Raya Trosobo Kabupaten Sidoarjo. Jalan Raya Trosobo merupakan jalan nasional yang menjadi jalur utama masuknya arus lalu lintas dari jalur selatan dan tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian desain geometri fasilitas u-turn dengan pedoman yang ada, menganalisis kinerja fasilitas u-turn Jalan Raya Trosobo, menganalisis kinerja lalu lintas Jalan Raya Trosobo yang dilengkapi dengan fasilitas u-turn. Hasil dari analisis diharapkan dapat memberikan rekomendasi yang sesuai dengan fasilitas u-turn Jalan Raya Trosobo. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis geometri fasilitas u-turn, analisis kinerja fasilitas u-turn dan analisis kinerja lalu lintas. Hasil dari penelitain ini adalah desain median tidak memenuhi syarat untuk bukaan median dan tidak adanya perlengkapan jalan di sekitar fasilitas u-turn. Selain itu dari arah Mojokerto lalu melakukan putar balik maka menimbulkan antrian sedangkan dari arah Surabaya lalu melakukan putar balik, tidak menimbulkan antrian. Lalu, jalur ke arah Surabaya memiliki tingkat pelayanan yaitu C dan jalur ke arah Mojokerto memiliki nilai tingkat pelayanan yaitu D. Kata Kunci: Bukaan Median, Putaran Balik, Teori Antrian, Kinerja Lalu lintas, Desain Bukaan Median
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bukaan Median, Putaran Balik, Teori Antrian, Kinerja Lalu lintas, Desain Bukaan Median |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 18.01.0495 18.01.0495 |
Date Deposited: | 11 Aug 2022 02:03 |
Last Modified: | 11 Aug 2022 02:03 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/196 |
Actions (login required)
View Item |