PENGARUH POCKET LANE TERHADAP KINERJA DAN KONFLIK LALU LINTAS PADA U-TURN (STUDI KASUS : U-TURN PADA RUAS JALAN G OBOS KILOMETER 5, KOTA PALANGKA RAYA)

PAMUNGKAS, WISNU (2020) PENGARUH POCKET LANE TERHADAP KINERJA DAN KONFLIK LALU LINTAS PADA U-TURN (STUDI KASUS : U-TURN PADA RUAS JALAN G OBOS KILOMETER 5, KOTA PALANGKA RAYA). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16010334_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (864kB)
[img] Text (BAB 1)
16010334_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB 2)
16010334_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)
[img] Text (BAB 3)
16010334_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text (BAB 4)
16010334_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB 5)
16010334_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16010334_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Fasilitas putaran balik atau U-Turn merupakan fasilitas yang digunakan oleh pengendara untuk melakukan gerakan putar balik menuju rute jalan yang akan diinginkan. Namun pada jam sibuk atau peak hour, tingginya volume pergerakan putar balik kendaraan dapat mempengaruhi kinerja ruas jalan akibat kendaraan yang mengantri pada lajur sehingga menyebabkan kemacetan dan berpotensi menimbulkan konflik lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja dan konflik lalu lintas pada lokasi fasilitas putaran balik atau U-Turn yang terdapat di ruas Jalan G. Obos Kilometer 5, Kota Palangka Raya. Metode yang digunakan dalam menganalisis kinerja lalu lintas menggunakan perhitungan dan mikrosimulasi oleh software PTV VISSIM 20, sedangkan analisis konflik lalu lintas menggunakan software SSAM. Peneliti mensimulasikan 3 simulasi, yang pertama berupa penutupan U-Turn pertama, kedua berupa penerapan lajur tambahan atau pocket lane sepanjang 30 meter, dan yang ketiga berupa penerapan lajur tambahan atau pocket lane sepanjang 60 meter. Selanjutnya peneliti melakukan perbandingan kondisi eksisting dengan ketiga simulasi yang telah dilakukan terkait dengan kinerja dan konflik lalu lintasnya. Setelah dilakukan perbandingan kondisi eksisting dengan 3 simulasi, didapatkan hasil bahwa simulasi ke-3 (tiga) berupa penerapan lajur tambahan atau pocket lane sepanjang 60 merupakan simulasi terbaik. Terjadi penurunan panjang antrian pada lajur arah U-Turn, arah lurus, dan di dalam U-Turn masing-masing sebesar 62,75%, 85,21%, dan 73,92%. Terjadi penurunan tundaan kendaraan pada lajur arah U-Turn, arah lurus, dan di dalam U-Turn masing-masing sebesar 78,11%, 79,74%, dan 75,25%. Terjadi penurunan konflik lalu lintas sebanyak 324 konflik rear-end, namun terjadi peningkatan 20 konflik crossing dan 25 lane change.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: U-Turn, pocket lane, kinerja lalu lintas, konflik lalu lintas, VISSIM, SSAM
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:05
Last Modified: 18 Sep 2023 03:05
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1888

Actions (login required)

View Item View Item