ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI UMUM ONLINE DAN KONVENSIONAL DI KOTA TEGAL

WIDIASTIKA, MEIDA RESTI (2020) ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI UMUM ONLINE DAN KONVENSIONAL DI KOTA TEGAL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16010322_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (939kB)
[img] Text (BAB 1)
16010322_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (167kB)
[img] Text (BAB 2)
16010322_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text (BAB 3)
16010322_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text (BAB 4)
16010322_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
16010322_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (169kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16010322_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Semakin tinggi tuntutan mobilitas masyarakat untuk memenuhi kebutuhan, maka semakin besar pula kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi. Seiring dengan kemajuan teknologi, kini telah berkembang moda transportasi berbasis online di Indonesia. Kemunculan moda transportasi ini mempengaruhi minat masyarakat dalam pemilihan moda angkutan konvensional di Kota Tegal yang menimbulkan persaingan sengit antara kedua moda. Pemilihan moda transportasi bukan merupakan proses acak, melainkan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui karakteristik sosioekonomi dan perjalanan pelaku perjalanan, faktor yang mempengaruhi pemilihan moda, tingkat kepuasan, serta model utilitas pemilihan moda antara angkutan online roda empat dan angkutan kota konvensional di Kota Tegal. Objek yang diteliti adalah pelaku perjalanan yang menggunakan angkutan Online roda empat dan/atau angkutan konvensional di Kota Tegal dengan metode Stated Preference dan teori pemilihan moda model pemilihan diskret. Model pemilihan moda yang digunakan adalah logit biner. Jumlah sampel ditentukan dengan probability sampling, dengan cara perhitungan dari Isaac dan Michael, sebanyak 270 responden dengan ruang lingkup penelitian adalah wilayah Kota Tegal. Rekapitulasi karakteristik sosioekonomi diperoleh responden paling banyak berjenis kelamin perempuan (53%), berusia 18–25 tahun (43%), berpendidikan terakhir SMA (57%), memiliki pekerjaan sebagai pelajar/mahasiswa (50%), dan pendapatan ≤500.000 (47%) dengan karakteristik perjalanan terbanyak lebih memilih angkutan Online (63%), maksud perjalanan pendidikan (45%), frekuensi perjalanan dalam sehari tidak tentu (43%), waktu perjalanan pagi (58%), dan faktor pertimbangan terbesar adalah kecepatan/waktu tempuh (29%). Faktor terbesar yang mempengaruhi tingkat kepuasan angkutan Online adalah kondisi fisik kendaraan (14,13%) dan terendahnya biaya perjalanan (8,64%). Sedangkan pada angkutan konvensional adalah biaya perjalanan (43%) dan terendahnya keamanan (9,7%). Persamaan model utilitas pemilihan moda atribut biaya perjalanan (X1) diperoleh (UAO–UAK) = -0,52855+0,05423∆X1, pemilihannya akan imbang jika mempunyai selisih biaya Rp 9745. Pada atribut waktu tunggu diperoleh (UAO–UAK) = -0.18068+0.03288∆X1, pemilihannya akan imbang jika selisih waktu tunggu 5,49 menit. Pada atribut waktu tempuh diperoleh (UA –UAK)= 0.195439+0.029605.∆X2, pemilihannya akan imbang jika mempunyai selisih waktu tempuh 6,6 menit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Angkutan Online, Angkutan Konvensional, Stated Preference, Pemilihan Moda, logit biner
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:05
Last Modified: 18 Sep 2023 03:05
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1887

Actions (login required)

View Item View Item