NURUTAMI, ANINDYA RAHMA (2023) ANALISIS KINERJA RUAS JALAN CIMINCRANG AKSES UTAMA MENUJU MASJID AL-JABBAR KOTA BANDUNG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
19020656-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (739kB) |
|
Text (BAB 1)
19020656-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (353kB) |
|
Text (BAB 2)
19020656-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (605kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
19020656-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (931kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
19020656-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
19020656-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (353kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
19020656-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kota Bandung adalah kota yang sedang mengalami perkembangan pesat baik dari segi infrastruktur kewilayahan maupun sosial-ekonomi. Salah satu perkembangan pembangunan di salah satu kecamatan di Kota Bandung yaitu Kecamatan Gedebage adalah Masjid Raya Al-Jabbar. Pasca Peresmian Masjid Al Jabbar terjadinya kemacetan karena masyarakat sangat antusias berkunjung untuk melihat langsung kemegahan Masjid Raya Al-Jabbar. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui kinerja ruas jalan , menganalisis rekayasa lalu lintas dengan 3 skenario, dan memprediksi volume lalu lintas pada 5 tahun yang akan datang. Dalam penelitian ini, menentukan metode penelitian menggunakan metode deskripsi kuantitatif. Untuk teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling (penarikan sampel secara random/acak sederhana). Survei yang dilakukan yaitu survei geometrik jalan, survei volume lalu lintas, survei kecepatan kendaraan dan survei inventarisasi ruas jalan. Untuk menganalisis penelitian, Menentukan kinerjaruas jalan menggunakan metode PKJI 2023, untuk menganalisis rekayasa lalu lintas dengan menggunakan 3 skenario, dan memprediksi volume lalu lintas menggunakan rumus compounding factor dan trend linier dengan faktor pertumbuhan kendaraan bermotor di Kota Bandung. Kinerja ruas jalan Cimincrang memiliki tingkat pelayanan B karena berdasarkan hasil analisis titik tersebut memiliki karakteristik arus stabil,kecepatan perjalanan 40 km/jam, V/C ratio 0,24 dan kepadatan lalu lintas sedang karena hambatan internal. Lalu dilakukan rekayasa lalu lintas dengan 3 skenario untuk mengoptimalkan kinerja ruas jalan Cimincrang. Prediksi volume lalu lintas dengan menghitung pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor didapatkan hasil pertumbuhannya yaitu 4% setelah dilakukannya penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Ruas Jalan, rekayasa lalu lintas, prediksi |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 19.01.0656 19.01.0656 |
Date Deposited: | 29 Aug 2023 02:06 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 02:06 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1855 |
Actions (login required)
View Item |