KERTAS KERJA WAJIB ANALISIS DAN EVALUASI PROSEDUR PENGUJIAN REM HIDROLIK KENDARAAN WAJIB UJI

WIBOWO, FRANSISCUS XAVERIUS FEBRIAN DICKY (2023) KERTAS KERJA WAJIB ANALISIS DAN EVALUASI PROSEDUR PENGUJIAN REM HIDROLIK KENDARAAN WAJIB UJI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
2003113-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (382kB)
[img] Text (BAB 1)
2003113-KKW-BAB_1.pdf

Download (381kB)
[img] Text (BAB 2)
2003113-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
2003113-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
2003113-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
2003113-KKW-BAB_5.pdf

Download (376kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2003113-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kerusakan komponen sistem rem jenis full hidrolik diakibatkan karena kurangnya kesadaran dalam merawat dan memeriksa komponen rem sehingga berpotensi menimbulkan rem blong. Vapor lock merupakan salah satu kegagalan rem yang terjadi pada sistem rem full hidrolik. Terdapat kasus kecelakaan diakibatkan kegagalan rem karena kerusakan pada komponen rem. maka dari itu perlunya pemeriksaan teknis sistem rem full hidrolik. Peneliti ingin mengetahui proses pemeriksaan dan pengujian sistem rem full hidrolik. Menganalisa faktor penyebab kegagalan rem pada rem full hidrolik dan merekomendasikan prosedur pengujian rem full hidrolik pada Unit Pelayanan Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB). Lokasi penelitian ini dilakukan di Unit Pelayanan Uji Berkala Kendaraan Bermotor Kota Surakarta. Metode dalam penelitian ini menggunakan FMEA (Failure Mode and Effect Analisys) untuk menganalisis dan mengevaluasi sebuah kegagalan sistem untuk dibuat langkah penanganannya. Serta merekomendasikan prosedur pengujian dan pemeriksaan sistem rem full hidrolik. Hasil pemeriksaan teknis sistem rem full hidrolik pada 30 kendaraan mendapatkan kerusakan terbanyak pada kebocoran setiap komponen dan minyak rem. Kandungan air didalam minyak rem melebihi 3 % dan berkurangnya jumlah volume minyak rem. Maka dari itu perlunya pemeriksaan tambahan pengukuran kadar air pada minyak rem dan pemeriksaan kebocoran pada komponen rem full hidrolik

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: sistem rem full hidrolik, rem blong, vapour lock, kendaraan, minyak rem.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 20031013 20031013
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:41
Last Modified: 21 Aug 2023 01:41
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1801

Actions (login required)

View Item View Item