PENGEMBANGAN MEDIA GAME ANDROID GO SAFETY TENTANG RAMBU LALU LINTAS UNTUK ANAK SMA/SMK

HARJONO, MOH. ANDRO FIRSTAMA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA GAME ANDROID GO SAFETY TENTANG RAMBU LALU LINTAS UNTUK ANAK SMA/SMK. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19010613-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
19010613-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (157kB)
[img] Text (BAB 2)
19010613-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19010613-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19010613-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19010613-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (134kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19010613-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengetahuan remaja terhadap rambu lalu lintas, sikap acuh terhadap himbauan, dan tingkat disiplin dalam berlalu lintas yang rendah menjadi masalah yang dapat megakibatkan kecelakaan lalu lintas. Penyuluhan keselamatan lalu lintas merupakan salah satu metode yang digunakan dalam upaya mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Media konvensional dalam penyuluhan masih banyak digunakan di Indonesia dengan hasil yang kurang efektif, sehingga perlu adanya penggantian media konvensional menjadi media multimedia yang menggunakan komputer. Penelitian ini bertujuan untuk membuat game android Go Safety sebagai media sosialisasi dan pembelajaran bagi anak SMA/SMK mengenai rambu lalu lintas dan mengetahui efektifitas penggunaan media ini dalam meningkatkan pemahaman tentang rambu lalu lintas pada pengurus OSIS SMA N 3 Kota Tegal dan SMK YPT Kota Tegal. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE untuk membangun media game android Go Safety sebagai media penyuluhan. Game Go Safety berisi tentang pembelajaran rambu-rambu lalu lintas untuk siswa sekolah menengah. Validasi terhadap aplikasi dilakukan oleh ahli materi, ahli pendidikan, dan ahli media untuk mengukur kelayakan aplikasi. Sampel penelitian yang digunakan adalah 30 pengurus OSIS SMA N 3 Kota Tegal dan 30 pengurus OSIS SMK YPT Kota Tegal. Aplikasi ini telah dibuat oleh peneliti serta telah divalidasi oleh ahli media dengan hasil 93,91%, ahli materi dengan hasil 94,67%, dan ahli pendidikan dengan hasil 93,33% sehingga Game Go Safety dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran rambu lalu lintas. Hasil pengujian dengan SUS Score mendapatkan nilai 76,25 yang menunjukkan game Go Safety memiliki kualitas yang baik. Pengujian efektifitas dilakukan menggunakan uji N-Gain dan dihitung menggunakan SPSS menghasilkan nilai sebesar 0,77 masuk dalam klasifikasi tinggi dan mendapatkan hasil persentase tingkat efektif sebesar 77% masuk dalam kategori efektif. Materi yang paling efektif dalam pembelajaran menggunakan game Go Safety pada SMA N 3 dan SMK YPT adalah rambu larangan dengan persentase 55,7% pada SMA 3 dan 38% pada SMK YPT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Rambu-Rambu Lalu Lintas, Go Safety
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 19.01.0613 19.01.0613
Date Deposited: 18 Aug 2023 01:21
Last Modified: 18 Aug 2023 01:21
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1775

Actions (login required)

View Item View Item