KERTAS KERJA WAJIB PENGARUH BAN VULKANISIR TERHADAP EFISIENSI GAYA PENGEREMAN DAN JARAK PENGEREMAN KENDARAAN BUS SEDANG

FUAD, ACHMAD NOOR (2021) KERTAS KERJA WAJIB PENGARUH BAN VULKANISIR TERHADAP EFISIENSI GAYA PENGEREMAN DAN JARAK PENGEREMAN KENDARAAN BUS SEDANG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18030483_KKW_ABSTRAK.pdf

Download (626kB)
[img] Text (BAB 1)
18030483_KKW_BAB 1.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB 2)
18030483_KKW_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB)
[img] Text (BAB 3)
18030483_KKW_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB)
[img] Text (BAB 4)
18030483_KKW_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (BAB 5)
18030483_KKW_BAB 5.pdf

Download (211kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18030483_KKW_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan kegagalan pada saat pengereman adalah berkurangnya daya cengkeraman ban pada jalan sebagai penahan laju kendaraan. Pemilihan penggunaan produk ban dapat berpengaruh terhadap efisiensi gaya pengereman dan jarak pengereman. Penggunaan ban vulkanisir pada saat pengujian efisiensi gaya pengereman dengan brake tester dan jarak pengereman dengan road test dilakukan untuk mengetahui pengaruh ban vulkanisir terhadap hasil dari uji rem kendaraan. Dilakukan penelitian eksperimen dengan metode uji brake tester dan uji road test untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah ban orisinil dan ban vulkanisir dengan kondisi sesuai standar terhadap efisiensi gaya pengereman dan jarak pengereman. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil efisiensi pengereman dari uji brake tester dan uji road test menggunakan kendaraan bus sedang. Pada uji brake tester didapat rata-rata hasil efisiensi pengereman ban orisinil sebesar 75%. Sedangkan sumbu 2 yang menggunakan ban vulkanisir didapat hasil rata-rata sebesar 69%. Pada uji road test didapat rata-rata hasil efisiensi pengereman ban orisinil sebesar 67%. Sedangkan sumbu 2 yang menggunakan ban vulkanisir didapat hasil rata-rata sebesar 53%. Didapatkan hasil data pengaruh ban vulkanisir terhadap efisiensi gaya pengereman dan jarak pengereman yang disebabkan kualitas daya cengkeram ban vulkanisir terhadap gaya gesek antara roller brake tester ataupun permukaan jalan. Kedua metode uji tersebut dapat disimpulkan untuk menentukan nilai efisiensi pengereman kendaraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ban vulkanisir, Efisiensi gaya pengereman, Jarak pengereman
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: Admin TO
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:31
Last Modified: 16 Aug 2023 03:31
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1769

Actions (login required)

View Item View Item