DESAIN TATA LETAK (LAYOUT) WORKSHOP PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE HIRADC DAN ALGORITMA DIJKSTRA (STUDI KASUS : PT. SUMBER KARYA ABADI INDONESIA)

PUTRI, EKKLESIA KURNIA (2023) DESAIN TATA LETAK (LAYOUT) WORKSHOP PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE HIRADC DAN ALGORITMA DIJKSTRA (STUDI KASUS : PT. SUMBER KARYA ABADI INDONESIA). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19020288-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (950kB)
[img] Text (BAB 1)
19020288-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB 2)
19020288-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19020288-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19020288-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19020288-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (252kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19020288-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan kerja merupakan sebuah kejadian yang dapat terjadi secara tidak terduga dan tidak diinginkan. dari data BPJS 65,89% kecelakaan kerja terjadi didalam lokasi kerja, 25,77% kecelakaan terjadi di lalu lintas, dan 8,33% terjadi di luar lokasi kerja. Berbagai macam kecelakaan kerja dapat terjadi disebabkan karena desain Gedung yang kurang baik dan tidak adanya jalur keselamatan pada workshop sehingga hal-hal tersebut memiliki peluang besar untuk terjadi kecelakaan kerja. Berdasarkan hal tersebut diperlukan perancangan tata letak fasilitas untuk mengatur jalur produksi dan jalur keselamatan kerja untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja. Dalam perencanaan tata letak menggunakan metode Hazard Identification Risk Assesment and Determining Control (HIRADC) dan Algoritma Dijkstra. metode HIRADC digunakan untuk mengidentifikasi risiko kecelakaan kerja yang terjadi di setiap tahap proses produksi karoseri. Sedangkan metode Algoritma Dijkstra adalah perhitungan untuk menentukan jalur terpendek dari suatu lintasan. Dari hasil penelitian ini terdapat tingkat risiko pada perusahaan yaitu low pada tahap preparation dan finishing; medium pada tahap framing, tahap plating, tahap gosok bodi, dan tahap pendempulan; serta high pada tahap painting. Berdasar penelitian ini penulis memberikan 2 usulan desain layout sesuai dengan alur proses produksi pada perusahaan beserta jalur evakuasi ketika terjadi bencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kecelakaan kerja, jalur keselamatan, proses produksi, tata letak, desain
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 19.02.0288 19.02.0288
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:29
Last Modified: 15 Aug 2023 07:29
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1752

Actions (login required)

View Item View Item