FUADI, AHMAD ZAKI (2023) PENGARUH JENIS BUSI TERHADAP KINERJA MESIN DAN HASIL UJI EMISI GAS BUANG (STUDI KASUS SUZUKI CARRY 1.5). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
20031002-KKW-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
20031002-KKW-BAB_1.pdf Download (381kB) |
|
Text (BAB 2)
20031002-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (835kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
20031002-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
20031002-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
20031002-KKW-BAB_5.pdf Download (379kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20031002-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pesatnya peningkatan jumlah kendaraan bermotor menimbulkan masalah seperti kemacetan, meningkatnya kecelakaan, dan polusi udara. Kendaraan memiliki beberapa sistem salah satunya adalah sistem pembakaran. Penggantian jenis busi merupakan cara untuk mendapatkan bunga api yang lebih kuat dan besar. Penelitian ini menggunakan busi NGK Nikel BPR6ES, NGK Platinum BKR6EGP dan NGK iridium BKR6EIX. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh jenis busi terhadap hasil uji emisi Karbon Monoksida (CO) dan Hidrokarbon (HC) serta menganalisis pengaruh jenis busi terhadap daya dan torsi pada kendaraan Suzuki Carry 1.5 berbahan bakar pertalite dengan variasi putaran 900 Rpm, 2000 Rpm, 3000 Rpm pada pengujian emisi. Pengujian daya dan torsi menggunakan alat uji chassis dynamometer dan pengujian emisi CO/HC menggunakan alat uji gas analyzer. Metode penelitian yang dipergunakan adalah eksperimen, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Busi yang akan digunakan sebelumnya diuji menggunakan alat tester busi, dari pengujian tersebut busi nikel menghasilkan bunga api yang kecil dan menyebar sedangkan busi iridium dan platinum bunga apinya lebih besar dan terfokus. Berdasarkan hasil penelitian daya dan torsi tertinggi diperoleh busi platinum dengan daya 72,10 HP pada putaran 5408 rpm dan torsi 119,14 Nm di putaran 1775 rpm, disebabkan karena bunga api yang besar dan terfokus menyebabkan campuran bahan bakar terbakar lebih sempurna serta menghasilkan ledakan yang mendorong piston lebih cepat dan kuat sehingga torsi dan daya yang dihasilkan lebih besar. Sedangkan hasil emisi CO/HC terendah diperoleh busi iridium yaitu CO 0,36 % dan HC 71,3 ppm di putaran 2000 Rpm, bunga api yang besar dan terfokus menyebabkan pembakaran menjadi sempurna sehingga senyawa hidrokarbon bereaksi dengan oksigen (O₂) menghasilkan karbon dioksida (CO₂) dan uap air (H₂O) sehingga emisi yang dihasilkan lebih rendah. Pada penelitian ini disimpulkan bahwa penggantian jenis busi berpengaruh terhadap hasil emisi gas buang, daya dan torsi pada kendaraan Suzuki Carry 1.5. Kata kunci: busi, daya, torsi, emisi gas buang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | busi, daya, torsi, emisi gas buang. |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 20031002 20031002 |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 01:29 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 01:29 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1716 |
Actions (login required)
View Item |