PENGARUH PEMBEBANAN TERHADAP EFISIENSI REM KENDARAAN MITSUBISHI L300

WARDANI, ZELLA SINTYA KUSUMA (2023) PENGARUH PEMBEBANAN TERHADAP EFISIENSI REM KENDARAAN MITSUBISHI L300. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20031030-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text (BAB 1)
20031030-KKW-BAB_1.pdf

Download (412kB)
[img] Text (BAB 2)
20031030-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20031030-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20031030-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20031030-KKW-BAB_5.pdf

Download (193kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20031030-KKW-BAB_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Mobil barang jenis pick up memiliki peranan penting dalam perekonomian dalam kemampuan mengangkut dan menyalurkan barang barang ke wilayah yang tidak dapat diakses oleh kendaraan truk. Namun saat ini banyak dijumpai kendaraan mobil barang yang mengangkut barang melebihi kapasitas yang tidak sesuai dengan spesifikasi. Beban muatan yang berlebih mengakibatkan terjadinya rem blong atau kegagalan fungsi pada sistem kinerja efisiensi pengereman pada kendaraan. Kendaraan bermotor terdapat 2 (dua) sistem rem yaitu sistem rem utama dan sistem rem parkir yang berguna untuk memperlambat atau menghentikan gerak laju kendaraan. Peneitian ini dilakukan untuk mencari tahu tentang apakah terdapat pengaruh variasi beban muatan terhadap nilai efisiensi rem utama pada kendaraan. Pada penelitian ini penulis membuat eksperimen tentang pengaruh variasi beban muatan terhadap nilai efisiensi rem utama pada kendaraan dengan menggunakan brake tester. Eksperimen dilakukan menggunakan kendaraan mobil barang jenis pick up Mitsubishi L300. Variabel penelitian menggunakan variabel bebas yaitu variasi beban muatan dan variabel terikat yaitu nilai efisiensi rem utama kendaraan. Hasil penelitian menunjukan bahwa beban muatan suatu kendaraan berpengaruh signifikan terhadap nilai efisiensi rem pada sistem pengereman. Dengan ditunjukan bahwa besar beban muatan berbanding terbalik terhadap nilai efisiensi rem. Semakin besar beban muatan maka efisiensi rem akan semakin menurun dan berlaku sebaliknya semakin kecil beban muatan maka nilai efisiensi rem akan semakin meningkat. Berdasarkan hasil uji t hitung yaitu -10,367 dan t tabel sebesar -2,052 dapat disimpulkan nilai -t hitung < - t tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya bahwa beban berpengaruh signifikan terhadap hasil uji efisiensi rem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pick up, Efisiensi rem, beban muatan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 20031030 20031030
Date Deposited: 10 Aug 2023 01:29
Last Modified: 18 Aug 2023 23:02
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1694

Actions (login required)

View Item View Item