PERHITUNGAN KEKUATAN RANGKA KURSI PENUMPANG BUS MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT ANALYSISDENGAN STANDAR UNECE R80

ROHMAN, MOH. AZKA HABIBI (2023) PERHITUNGAN KEKUATAN RANGKA KURSI PENUMPANG BUS MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT ANALYSISDENGAN STANDAR UNECE R80. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19.02.0296_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (376kB)
[img] Text (BAB 1)
19.02.0296_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (411kB)
[img] Text (BAB 2)
19.02.0296_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text (BAB 3)
19.02.0296_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text (BAB 4)
19.02.0296_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
19.02.0296_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (136kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19.02.0296_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)

Abstract

Karakteristik kursi bus diatur dalam Peraturan UNECE R80 yang berisikan regulasi untuk penumpang bus khususnya untuk mengevaluasi kekuatan kursi penumpang dan ikatannya saat terjadi kecelakaan tabrakan arah depan. Pada penelitian ini, penulis melakukan penerapan standar keselamatan pada kursi penumpang bus dengan melakukan pemodelan simulasi pengujian rangka kursi penumpang bus yang mengacu pada standar peraturan UNECE R80, serta menganalisa kekuatannya. Pemodelan rangka kursi menggunakan Computer Aided Engineering (CAE), material rangka kursi menggunakan baja dengan paduan jenis material STKM 11 AH. Pengujian dilakukan menggunakan software metode elemen hingga yang mengacu pada regulasi UNECE R80 terkait prosedur uji statis terhadap kursi penumpang bus. Hasil penelitian diperoleh bahwa pemodelan rangka kursi penumpang bus terdiri dari beberapa komponen yang meliputi sandaran, part sandaran, reclining, kaki kursi, pengikat dan plat alas. Untuk hasil simulasi pengujian deformasi rangka kursi sandaran mengalami perpindahan horizontal kurang dari 100 mm dan kurang dari 50 mm, ketika ditekan dengan gaya F1 dan F2. Berdasarkan hasil simulasi pengujian diperoleh bahwa besar nilai von mises dari hasil simulasi pengujian yaitu tegangan maksimal lebih dari yield strength yang terletak pada bagian plat pengikat kursi, sehingga pengikat pada pemodelan tidak aman digunakan. Sementara terkait uji baut pengikat rangka kursi didapatkan nilai tegangan maksimal kurang yield strength , sehingga baut tersebut aman digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rangka Kursi Penumpang Bus, UNECE R80, Deformasi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 19.02.0296 19.02.0296
Date Deposited: 09 Aug 2023 03:27
Last Modified: 09 Aug 2023 03:27
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1682

Actions (login required)

View Item View Item