PUTRA, MUHAMMAD AGUNG BACHRI (2020) EFEKTIFITAS INTERVAL WAKTU PENGGANTIAN BAN PADA BUS DENGAN METODE AGE REPLACEMENT (STUDI KASUS : PADA ARMADA BUS PO. NUSANTARA KUDUS). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
16020148_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (752kB) |
|
Text (BAB 1)
16020148_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (377kB) |
|
Text (BAB 2)
16020148_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 3)
16020148_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (750kB) |
|
Text (BAB 4)
16020148_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5)
16020148_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (375kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
16020148_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
PO. Nusantara Kudus adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengangkutan penumpang. Kegiatan operasional merupakan salah satu kegiatan utama perusahaan yang tidak boleh terhambat, sarana utama di dalam operasional perusahaan adalah bus yang rentan mengalami kerusakan. Kerusakan paling banyak terjadi pada setiap bus berada pada ban, baik ban baru maupun ban vulkanisir sehingga ban baru dan ban vulkanisir dikategorikan sebagai komponen kritis. Berdasarkan penelitian sebelumnya yaitu penelitian Kusnadi Dan Taryana, (2016) di Perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur perakitan sepeda motor, Kusnadi meneliti Kerusakan komponen terbesar ada pada komponen Prechamber Gas Valve, Dengan model matematis metode Age Based Replacement. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh interval penggantian komponen mesin Gas Engine (Prechamber Gas Valve) yang optimum adalah 6.547 jam dengan unit cost sebesar Rp. 1.316 per Jam. Dan pada penelitian ini menggunakan metode Age Replacement menentukan interval waktu penggantian ban baru dan ban vulkanisir yang paling efektif di PO.Nusantara. Metode Age Replacement yang merupakan metode penggantian suatu komponen berdasarkan usia pakai komponen tersebut. Metode ini menggunakan beberapa pola distribusi data yang diolah dengan rumus sesuai dengan pola distribusi yang terbentuk. Proses perhitungan data dilakukan melalui beberapa langkah, mulai dari perhitungan interval waktu kerusakan/Time to Failure (TTF), rata-rata waktu kerusakan/Mean Time to Failure (MTTF) hinga didapat waktu penggantian terbaik, kemudian perhitungan nilai keandalan/Reliability dan laju kerusakan. Waktu terbaik penggantian ban baru selama 173 hari atau setara 17300 km dengan pola distribusi normal. Sedangkan ban vulkanisir selama 44 hari atau setara 4400 km dengan pola distribusi lognormal. Dengan perencanaan biaya sebesar Rp.14.000.000,- per tahun untuk ban baru dan Rp.30.400.000,- untuk ban vulkanisir per tahun pada tiap bus dengan kondisi penggunaan ban baru pada ban depan (2 ban) dan ban vulkanisir pada ban belakang (4 ban) dengan rute KudusSemarang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kerusakan, Ban, Penggantian, Age Replacement |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | Admin TRO |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 06:42 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 06:42 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1643 |
Actions (login required)
View Item |