EFEKTIVITAS PEMAHAMAN RAMBU LALU LINTAS MELALUI MEDIA STREET SMART GAME PADA SISWA SMP KELAS VII

NASHIF, M IQBAL BAHY (2023) EFEKTIVITAS PEMAHAMAN RAMBU LALU LINTAS MELALUI MEDIA STREET SMART GAME PADA SISWA SMP KELAS VII. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19.01.0672_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (437kB)
[img] Text (BAB 1)
19.01.0672_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (103kB)
[img] Text (BAB 2)
19.01.0672_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19.01.0672_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19.01.0672_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19.01.0672_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (65kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19.01.0672_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan minimnya pemahaman arti rambu lalu lintas sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas dengan mematuhi peraturan di jalan raya yang didalamnya hanya membahas materi tentang rambu lalu lintas kepada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kramat. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode peneliti pengembangan atau research and development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE, menggunakan media street smart game sebagai media sosialisasi. Sampel penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan one group pretest-posttest design dengan menggunakan perhitungan Uji Normalitas dan T-test yang diolah dengan IBM SPSS Statistik. Berdasarkan hasil Uji Paired T-test, nilai output sig = 0,000 < 0,005, maka Ho ditolak, artinya bahwa adanya perbedaan pemahaman dan hasil nilai antara sebelum dan sesudah sosialisasi menggunakan media. Tingkat pengetahuan mengenai rambu lalu lintas pada siswa SMP Negeri 2 Kramat mengalami peningkatan dari hasil prettest 51,1 menjadi posttest 86,1 setelah dilakukan sosialisasi. Efektivitas media dari hasil perhitungan nilai N-Gain, didapatkan nilai N-Gain sebesar 0,71% yang masuk pada kategori tinggi digunakan untuk media sosialisasi. Kata Kunci : Sosialisasi, Street Smart Game, Rambu Lalu Lintas, Efektivitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Sosialisasi, Street Smart Game, Rambu Lalu Lintas, Efektivitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 19.01.0672 19.01.0672
Date Deposited: 07 Aug 2023 03:24
Last Modified: 07 Aug 2023 03:24
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1624

Actions (login required)

View Item View Item