EVALUASI KINERJA OPERASIONAL TRANS BANYUMAS KORIDOR III

PRADISA, AURELLIA RAHMA (2023) EVALUASI KINERJA OPERASIONAL TRANS BANYUMAS KORIDOR III. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19010657-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (562kB)
[img] Text (BAB 1)
19010657-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (114kB)
[img] Text (BAB 2)
19010657-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19010657-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19010657-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19010657-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (113kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19010657-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Banyumas mengalami perkembangan pesat dalam bidang pendidikan, kesehatan, industri dan objek wisata sehingga menyebabkan kepadatan lalu lintas saat jam sibuk. Teman Bus diterapkan di Kabupaten Banyumas dengan sistem pembelian pelayanan angkutan. Kendala pada Teman Bus berupa jumlah penumpang dan loadfactor yang rendah sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui kondisi eksisiting kinerja pelayanan, kinerja operasional dan rekomendasi guna meningkatkan kinerja angkutan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Data yang dibutuhkan berupa data sekunder dan data primer. Hasil analisis berupa kondisi eksisting kinerja pelayanan dari 6 indikator seperti keamanan, keselamatan, kenyamanan, keterjangkauan, kesetaraan, dan keteraturan dalam kondisi baik namun tidak terdapat kondektur. Indikator kinerja operasional berupa jumlah penumpang dengan penumpang tertinggi 151/hari pada koridor 3B saat hari kerja, faktor muat tertinggi sebesar 12% pada koridor III saat hari kerja, headway tertinggi yaitu 14 menit pada koridor 3B saat hari libur, waktu tunggu yaitu 7 menit, kecepatan perjalanan pada ritase 1 sebesar 26-27 km/jam, sebab-sebab kelambatan/waktu sirkulasi sebesar 116 menit, ketersediaan angkutan sebesar 89%, tingkat konsumsi bahan bakar sebesar 65 liter/hari dan penentuan jumlah armada berupa pengurangan 1 armada untuk 3A hari kerja dan koridor III hari libur. Rekomendasi guna meningkatkan kinerja angkutan yaitu sosialisasi, pengoptimalan lokasi halte, perencanaan kecepatan perjalanan, perencanaan jumlah armada dan pemberian tanda tempat pemberhentian bus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kinerja pelayanan, kinerja operasional, Trans Banyumas
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 19.01.0657 19.01.0657
Date Deposited: 04 Aug 2023 04:44
Last Modified: 04 Aug 2023 04:44
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1590

Actions (login required)

View Item View Item