PENGARUH ALIH GERAK KENDARAAN PADA FASILITAS PUTAR BALIK ARAH (U-TURN) TERHADAP KINERJA LALU LINTAS DI RUAS JALAN BANTUL

SHAFIRA, ALIFIA WINTAR (2023) PENGARUH ALIH GERAK KENDARAAN PADA FASILITAS PUTAR BALIK ARAH (U-TURN) TERHADAP KINERJA LALU LINTAS DI RUAS JALAN BANTUL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19010624-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
19010624-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 2)
19010624-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19010624-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19010624-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19010624-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (166kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19010624-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jalan Bantul pada lokasi penelitian merupakan jalan nasional tipe 2/2 T yang merupakan jalur penghubung antara Kota Yogyakarta dengan Kabupaten Bantul. Tingginya aktifitas pergerakan di jalan bantul membuat kendaraan menggunakan fasilitas putar balik untuk memudahkan akses ke tempat tujuan. Namun aktivitas putar balik arah di ruas jalan ini menimbulkan kemacetan dikarenakan kondisi jalur yang sempit dan kurang memadai untuk aktivitas putar balik yang menyebabkan antrian panjang kendaraan di ruas jalan Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kinerja lalu lintas pada Jalan Bantul saat ini (2) menganalisis kinerja fasilitas putar balik arah (waktu tempuh, volume kendaraan putar balik arah, panjang antrian) pada jalan bantul saat ini (3) merancang rekayasa lalu lintas dengan vissim untuk meningkatkan kinerja lalu lintas pada Jalan Bantul. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis kinerja eksisting jalan menggunakan PKJI 2023 dan kemudian dilakukan pemodelan software vissim untuk menemukan alternative rekayasa lalu lintas terbaik. Penentuan peningkatan kinerja menggunakan perbandingan derajat kejenuhan, waktu tundaan, panjang antrian, dan waktu tempuh. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan cara survei di lapangan. Data diambil pada hari Jumat pukul 06.00 – 09.00 WIB. Survei yang dilakukan meliputi volume lalu lintas, waktu tempuh, volume kendaraan putar arah, waktu tempuh putar arah, dan geometik jalan bantul. Alternatif rekayasa lalu lintas yang diusulkan ada tiga yaitu Pengubahan tipe jalan menjadi 4/2 T dan pelebaran jalan, penggeseran u-turn 250m ke selatan, dan penutupan u-turn. Dari penelitian ini kemudian direkomendasikan menggunakan Alternatif 1 berupa pengubahan tipe jalan menjadi 4/2 T dan pelebaran jalan karena menunjukkan peningkatan kinerja lalu lintas terbaik pada ruas jalan bantul. Hasil pemodelan alternative 1 dapat menurunkan panjang antrian dari 26,26 m ke selatan menjadi 0 m antrian dan 13,62 m ke utara menjadi tidak ada antrian, waktu tundaan juga mengalami penurunan dari 16,66 detik menjadi 1.74 detik serta untuk arah utara juga mengalami penurunan dari 34,70 detik menjadi 1.39 detik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Putar Balik Arah, Vissim, Antrian Kendaraan, Kinerja Lalu Lintas
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 19.01.0624 19.01.0624
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:29
Last Modified: 01 Aug 2023 04:29
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1546

Actions (login required)

View Item View Item