EVALUASI RUTE TRAYEK DAN LOKASI HALTE PADA BRT TRANS SIGINJAI DI KOTA JAMBI

SAPUTRA, HARRY (2023) EVALUASI RUTE TRAYEK DAN LOKASI HALTE PADA BRT TRANS SIGINJAI DI KOTA JAMBI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19010665-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (386kB)
[img] Text (BAB 1)
19010665-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (108kB)
[img] Text (BAB 2)
19010665-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19010665-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19010665-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19010665-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (88kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19010665-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

BRT (Bus Rapid Transit) Trans Siginjai merupakan salah satu moda transportasi massal yang beroperasi di provinsi Jambi. Pengoperasian BRT Trans Siginjai masih terdapat permasalahan yaitu fasilitas halte, lokasi halte, tata letak halte, headway dan waktu tunggu belum memenuhi standar pelayanan. Analisis kinerja eksisting bus dan halte diperlukan untuk mengetahui rute BRT koridor 1 dan 2 di Jambi sesuai dengan lokasi bangkitan dan tarikan penumpang. Penelitian dilakukan di koridor 1 rute Terminal Sijenjang – Bapelnas Pijoan dan koridor 2 rute Bandara Sultan Thaha – Perkantoran Sengeti. Jenis penelitian merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Objek dalam penelitian adalah rute dan lokasi halte BRT Trans Siginjai Jambi. Analisis evaluasi rute digunakan untuk memberikan penilaian kinerja rute dan operasi bus BRT Trans Siginjai Jambi. Lokasi bangkitan penumpang didapatkan dari data sekunder berupa lokasi bangkitan pergerakan, jumlah trayek, armada angkutan umum, dan peta jaringan jalan. Penentuan jumlah dan lokasi halte dengan model Set Covering Problem dan Max Covering Problem menggunakan aplikasi Lingo 18.0 seta pengambaran rute titik lokasi halte terbaru menggunakan arcGIS. Berdasarkan hasil analisis kinerja eksisting bus dan halte didapatkan load factor belum mencapai 70% dan kinerja operasional pada setiap koridor tingkat operasinya 20% sehingga belum sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal yang telah ditetapkan. Penempatan jumlah halte maksimal ditentukan menggunakan model Set Covering Problem dan Max Covering Problem dengan aplikasi Lingo 18.0 terdapat 19 lokasi halte yang dibangun pada koridor 1 dan 21 lokasi halte pada koridor 2 yang sesuai dengan bangkitan dan tarikan penumpang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: BRT (Bus Rapid Transit), Rute, Halte
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 19.01.0665 19.01.0665
Date Deposited: 01 Aug 2023 11:38
Last Modified: 01 Aug 2023 11:38
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1521

Actions (login required)

View Item View Item