EFEKTIVITAS PEMASANGAN RAMBU PENGARAH TIKUNGAN DAN RAMBU BATAS KECEPATAN SEBAGAI PENCEGAHAN KECELAKAAN LEPAS KENDALI (OUT OF CONTROL) PADA TIKUNGAN

SUDRAJAT, GHULAM (2023) EFEKTIVITAS PEMASANGAN RAMBU PENGARAH TIKUNGAN DAN RAMBU BATAS KECEPATAN SEBAGAI PENCEGAHAN KECELAKAAN LEPAS KENDALI (OUT OF CONTROL) PADA TIKUNGAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19.01.0662_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (533kB)
[img] Text (BAB 1)
19.01.0662_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (67kB)
[img] Text (BAB 2)
19.01.0662_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19.01.0662_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19.01.0662_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19.01.0662_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (125kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19.01.0662_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Melewati tikungan dengan kecepatan tinggi dapat meningkatkan resiko kecelakaan dan fatalitas karna pengendara dapat tidak bisa mengontrol pergerakan kendaraannya atau lepas kendali (Out Of Control) saat melewati tikungan tersebut sehingga dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan di tikungan. Salah satu upaya untuk memberi peringatan kepada pengendara agar menurunkan kecepatan kendaraan saat melewati tikungan yaitu dengan dipasangnya rambu peringatan atau pengarah pada tikungan (CHEFRON) dan rambu batas kecepatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dan eksperimen. Terdapat 3 jenis alternatif yang disimulasikan dalam penelitian ini diantaranya simulasi 1 yaitu penerapan rambu Pengarah Tikungan (CHEFRON), simulasi 2 dengan penerapan rambu Batas Kecepatan, dan simulasi 3 dengan penerapan rambu Pengarah Tikungan (CHEFRON) dan rambu Batas Kecepatan. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat efektivitas setiap pemasangan simulasi dilihat dari penurunan kecepatan rata-rata kendaraan sesuai dengan kecepatan berdasarkan geometrik jalannya. Hasil analisis menunjukkan bahwa alternatif yang paling berpengaruh terhadap kecepatan kendaraan yang melalui tikungan adalah simulasi 3, pemasangan rambu Pengarah Tikungan (CHEFRON) dan batas kecepatan karena dapat menurunkan kecepatan secara signifikan sesuai dengan kecepatan maksimal ditikungan berdasarkan geometric jalannya sebesar 20 km/jam untuk kendaraan mobil penumpang dan Bus Sedang dan mobil angkutan barang 2 (dua) sumbu. Kata Kunci : Kecepatan, Lepas Kendali (OUT OF CONTROL), Rambu Pengarah Tikungan (CHEFRON), Rambu Batas Kecepatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecepatan, Lepas Kendali (OUT OF CONTROL), Rambu Pengarah Tikungan (CHEFRON), Rambu Batas Kecepatan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 19.01.0662 19.01.0662
Date Deposited: 31 Jul 2023 07:12
Last Modified: 24 Aug 2023 03:39
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1519

Actions (login required)

View Item View Item