ANALISIS PERILAKU BERLALU LINTAS USIA MUDA DALAM MENGENDARAI SEPEDA MOTOR DENGAN METODE SEM (STRUCTURAL EQUATION MODELING)

PUSPITASARI, SILFI MAYA (2023) ANALISIS PERILAKU BERLALU LINTAS USIA MUDA DALAM MENGENDARAI SEPEDA MOTOR DENGAN METODE SEM (STRUCTURAL EQUATION MODELING). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19010621-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (517kB)
[img] Text (BAB 1)
19010621-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB 2)
19010621-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19010621-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19010621-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19010621-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (136kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19010621-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas di Jalan dan salah faktor terbesarnya adalah akibat manusia yang berhubungan dengan perilaku berlalu lintas. Di Indonesia kasus kecelakaan lalu lintas di Jalan didominasi oleh pengendara sepeda motor. Kabupaten Sidoarjo menjadi salah satu kabupaten di Jawa Timur dengan tingkat kecelakaan sepeda motor yang cukup tinggi khususnya pada usia muda. Studi ini menganalisis faktor – faktor yang berpengaruh terhadap perilaku berlalu lintas usia muda dalam mengendarai sepeda motor di Kabupaten Sidoarjo serta keterkaitannya dengan tingkat pendidikan dan jenis kelamin. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup yang disebarkan pada masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Sidoarjo. Structural Equation Modeling atau SEM pada penelitian ini digunakan sebagai teknik analisis data dengan program AMOS 22.00 untuk menentukan faktor yang paling berpengaruh terhadap perilaku berlalu lintas. Hasil analisis menunjukkan variabel persepsi menjadi prediktor paling berpengaruh secara langsung terhadap perilaku berlalu lintas, sedangkan prediktor yang menjadi penentu dalam mempengaruhi persepsi adalah pengetahuan dan kedisiplinan. Pembentukan perilaku negatif (Injudicious, kemampuan menilai kurang) ketika berkendara dipengaruhi oleh pengaruh pengetahuan dan kedisiplinan yang negatif pula. Sehingga perlu meningkatkan pengetahuan dan kedisiplinan untuk mendapatkan perilaku yang positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Usia Muda, Kabupaten Sidoarjo, Perilaku Berlalu Lintas, SEM (Structural Equation Modelling), Sepeda Motor
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 19.01.0621 19.01.0621
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:44
Last Modified: 31 Jul 2023 02:44
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1500

Actions (login required)

View Item View Item