STUDI PERENCANAAN ANGKUTAN ANTAR JEMPUT DALAM PROVINSI RUTE BREBES-SEMARANG

BAHRI, MOCH. HAEKAL (2023) STUDI PERENCANAAN ANGKUTAN ANTAR JEMPUT DALAM PROVINSI RUTE BREBES-SEMARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19010673-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text (BAB 1)
19010673-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (101kB)
[img] Text (BAB 2)
19010673-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19010673-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19010673-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19010673-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (104kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19010673-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya perkembangan suatu wilayah perkotaan memiliki dampak dalam peningkatan permintaan akan pelayanan transportasi jasa angkutan umum, kenaikan harga tiket kereta api serta kondisi pelayanan bus yang kurang nyaman dan tidak tepat waktu dengan rute perjalanan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis permintaan penumpang angkutan umum, pemilihan armada, biaya operasional kendaraan, dan kelayakan angkutan antar jemput sebagai opsi pilihan lain dari angkutan umum kereta api dan bus akdp yang dapat menghubungkan Brebes-Semarang dan sebaliknya. Penelitian ini merupakan penelitian desktiptif kuantitatif menggunakan teknik survei purposive sampling terhadap populasi penumpang KAI Kaligung dan bus AKDP Brebes-Semarang per hari kemudian penentuan sampel dengan rumus solvin. Metode analisis yang digunakan yaitu metode preferensi analisis konjoin yang hasilnya diuji kan menggunakan uji korelasi Kendall’s Tau dan Pearson, analisis Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan analisis waktu sirkulasi. Hasil penelitian perminataan penumpang sebanyak 127 penumpang/hari, menggunakan 100 orang sampel responden, sebanyak 89% responden minat untuk menggunakan angkutan antar jemput apabila sesuai dengan preferensi responden dalam memilih angkutan umum yaitu harga yang terjangkau, cepat dan tepat waktu. memenuhi SOP dan keamanan alat keselamatan yang lengkap. kenyamanan angkutan yang bersih dan ber ac. Maka hasil uji korelasi Kendall Tau dan Pearson dimana menghasilkan nilai sig 0,001 dan 0,013 < 0,05 dapat disimpulkan adanya hubungan yang akurat antara hasil konjoin dengan responden 100 penumpang, perhitungan BOK menghasilkan tarif harga angkutan antar jemput sebesar Rp60.000, menggunakan kendaraan Isuzu tipe NLR 55 B Lx (Baru), maka perencanaan angkutan AJDP rute Brebes-Semarang layak untuk dioperasikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Antar Jemput, Penumpang Angkutan, Preferensi, Analisis Konjoin, Biaya Operasional Kendaraan
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 19.01.0673 19.01.0673
Date Deposited: 31 Jul 2023 05:54
Last Modified: 06 Sep 2023 03:13
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1492

Actions (login required)

View Item View Item