OPTIMALISASI KENYAMANAN DAN KESELAMATAN FASILITAS PEJALAN KAKI UNTUK MEWUJUDKAN KOTA TANGERANG SEBAGAI LIVABLE CITY

RAMADHAN, GALANG GUNTUR (2022) OPTIMALISASI KENYAMANAN DAN KESELAMATAN FASILITAS PEJALAN KAKI UNTUK MEWUJUDKAN KOTA TANGERANG SEBAGAI LIVABLE CITY. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18010548-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (668kB)
[img] Text (BAB 1)
18010548-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (926kB)
[img] Text (BAB 2)
18010548-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18010548-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18010548-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18010548-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (157kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18010548-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan lalu lintas jalan membunuh sekitar 1,24 juta orang per tahun. Dari data tersebut lebih dari seperlima dari kematian tersebut menimpa pejalan kaki. Ruas Jalan Daan Mogot Kota Tangerang merupakan daerah bangkitan dan tarikan pejalan kaki berupa pertokoan, perbankan, masjid, serta sekolah perlu dikaji dan dianalisis mengenai fasilitas pejalan kaki di lokasi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kondisi eksisting fasilitas pejalan kaki, korelasinya terhadap tingkat kenyamanan dan tingkat keselamatan jalan, dan menyusun rekomendasi penanganan permasalahan. Metode pengumpulan data menggunakan survei dan penyebaran kuesioner yang selanjutnya dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil analisis didapatkan volume pejalan kaki sebesar 1,73 orang/meter/menit dengan kecepatan ruang rata-rata 35,4 m/menit dan tingkat kenyamanan dan keselamatan pejalan kaki menunjukan bahwa fasilitas pejalan kaki di Jalan Daan Mogot memiliki kriteria ‘sedang’. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan nilai PV² sebesar 1,4 x 109 (>2 x 108 ) dan direkomendasikan untuk pemasangan pelican crossing. Dari penelitian ini diperoleh penyelesaian masalah fasilitas pejalan kaki di Jalan Daan Mogot diantaranya pelebaran trotoar, pengurangan tinggi trotoar, penyediaan jalur disabilitas, penempatan tempat pemberhentian bus, pemasangan pellican crossing, dan penambahan fasilitas pendukung seperti tempat sampah guna meningkatkan kebersihan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pejalan Kaki, Fasilitas Pejalan Kaki, Optimalisasi
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0548 18.01.0548
Date Deposited: 10 Aug 2022 08:49
Last Modified: 11 Aug 2022 04:08
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item View Item