FEBRIAWAN, YOGA (2020) PENGARUH PENYETELAN CELAH KATUP TERHADAP EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR MESIN BENSIN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
17030450-KKW-ABSTRAK.pdf Download (721kB) |
|
Text (BAB 1)
17030450-KKW-BAB 1.pdf Download (372kB) |
|
Text (BAB 2)
17030450-KKW-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
|
Text (BAB 3)
17030450-KKW-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) |
|
Text (BAB 4)
17030450-KKW-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) |
|
Text (BAB 5)
17030450-KKW-BAB 5.pdf Download (372kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17030450-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Katup digunakan untuk mengatur pemasukan campuran bahan bakar dan udara serta pengeluaran gas sisa pembakaran. Banyaknya campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar sangat mempengaruhi parameter operasi mesin bensin yang diatur oleh besar kecilnya ukuran celah katup. Pada penelitian sebelumnya yang dilakukan Mulyadi (2016), Polusi udara yang telah terjadi selama ini sebagian besar disebabkan oleh keberadaan kendaraan bermotor sebagai alat transportasi, dimana pencemaran udara diakibatkan oleh emisi kendaraan bermotor. Dengan variabel penelitian yaitu optimasi penggunaan viskositas pelumas, penyetelan celah katup dan celah elektroda busi dengan 3 level. Penelitian yang dilakukan penulis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi penyetelan celah katup terhadap emisi gas buang pada mesin bensin tipe 5K. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan merupakan penelitian kuantitatif, yaitu memaparkan secara jelas hasil eksperimen di laboratorium terhadap benda uji, kemudian analisis datanya menggunakan analisis deskriptif menjadi berbagai output yang dikehendaki para pengambil keputusan. Pengambilan data penelitian ini dihasilkan dari pengukuran konsumsi bahan bakar pertalite, emisi gas buang pada mesin tipe 5K menggunakan variasi celah katup dengan ukuran kerenggangan 0,15 mm, 0,20 mm, 0,25 mm dan 0,30 mm pada suhu mesin kerja optimal 60°C- 70°C, dengan bahan bakar pertalite menggunakan angka RON 90, sebanyak 4 kali pengulangan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini terdapat penyetelan celah katup yang tidak sesuai akan menghasilkan partikel emisi gas buang CO dan HC terlalu tinggi, sehingga tidak sesuai dengan standar ambang batas CO 4,5% dan HC 1200ppm/vol. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil celah katup yang sesuai dan menghasilkan partikel emisi gas buang CO dan HC dibawah ambang batas, yakni dengan celah katup 0,30 mm.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Variasi celah katup, Suhu mesin, Emisi gas buang |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | Admin TO |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 03:43 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 03:43 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1430 |
Actions (login required)
View Item |