ROMADHANI, DISKY CRISNIANTO (2020) HASIL PEMERIKSAAN SPELLING RODA KEMUDI KENDARAAN PADA PROSES PRA UJI DI UNIT PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR KABUPATEN KEDIRI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
17030371-KKW-ABSTRAK.pdf Download (775kB) |
|
Text (BAB 1)
17030371-KKW-BAB 1.pdf Download (360kB) |
|
Text (BAB 2)
17030371-KKW-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (920kB) |
|
Text (BAB 3)
17030371-KKW-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) |
|
Text (BAB 4)
17030371-KKW-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5)
17030371-KKW-BAB 5.pdf Download (359kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17030371-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
Abstract
Sistem kemudi merupakan bagian paling penting pada kendaraan bermotor karena sistem kemudi memiliki fungsi untuk mengendalikan arah kendaraan pada saat kendaraan dioperasikan dijalan serta memberikan kenyamanan pada penumpang saat berada dialam kendaraan. Berdasarkan data dilapangan kecelakaan kendaraan sering kali terjadi akibat sistem kemudi yang mengalami kerusakan terutama komponen sistem kemudi yang sudah aus dan spelling roda kemudi yang terlalu berlebih. Kerusakan komponen ini disebabkan mulai dari perawatan sistem kemudi yang jarang dilakukan dan umur kendaraan. Berdasarkan penelitian sebelumnya yang dilakukan Wibowo (2010), kendaraan mengalami manuver yang lebih terutama pada sistem kemudi dan semakin bertambahnya jumah kendaraan bermotor maka perlu ditingkatkan pemeriksaan kendaraan terutama pemeriksaan untuk sistem kemudi. Karena sistem kemudi memiliki peran untuk mengendalikan arah kendaraan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pemeriksaan spelling roda kemudi dan mengetahui hasil pemeriksaan spelling roda kemudi. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, yaitu memaparkan secara jelas hasil pemeriksaan speling roda kemudi berdasarkan tahun pembuatan kendaraan bermotor serta menggunakan analisis deskriptif untuk menjelaskan faktor mengapa nilai spelling roda kemudi bisa terlalu besar. Penelitian ini dilakukan di UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Kediri dengan waktu yang sudah ditentukan. Pengambilan data ini dengan cara melakukan pngukuran spelling roda kemudi terhadap mobil barang. Hasil dari pemeriksaan spelling roda kemudi kendaraan yang memenuhi persyaratan ambang batas yaitu 21 kendaraan dan yang tidak memenuhi persyaratan amabang batas yaitu 29 kendaraan. Yang kemudian hasil tersebut digunakan untuk memberikan masukan kepada pemilik kendaraan untuk lebih memperhatikan kondisi dari sistem kemudi kendaraan tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Roda Kemudi, Spelling Roda Kemudi, Kendaraan Bermotor Hasil Pemeriksaan Pemeriksaan. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | Admin TO |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 03:33 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 03:33 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1418 |
Actions (login required)
View Item |