ANALISIS PENGARUH BEBAN MUATAN TERHADAP GAYA PENGEREMAN DAN EFISIENSI REM KENDARAAN DENGAN SISTEM LSVP (LOAD SENSING PROPORTIONING VALVE)

NURPARIAN, GALIH (2019) ANALISIS PENGARUH BEBAN MUATAN TERHADAP GAYA PENGEREMAN DAN EFISIENSI REM KENDARAAN DENGAN SISTEM LSVP (LOAD SENSING PROPORTIONING VALVE). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16030311-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
16030311-KKW-BAB 1.pdf

Download (283kB)
[img] Text (BAB 2)
16030311-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text (BAB 3)
16030311-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[img] Text (BAB 4)
16030311-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text (BAB 5)
16030311-KKW-BAB 5.pdf

Download (468kB)

Abstract

Pengujian rem yang dilakukan pada kendaraan dengan menggunakan sistem rem LSPV masih tidak bisa dilaksanakan dengan efektif disebabkan karena apabila kendaraan dengan sistem rem LSPV di uji maka rem pada hasil uji akan dibawah ambang batas. Diperlukan beban muatan untuk menguji sistem rem LSPV agar rem memenuhi ambang batas. Ambang batas hasil uji rem menurut dasar teknis pemeriksaan laik jalan pada pengujian berkala kendaraan bermotor yaitu minimal 50% dari berat kendaraan (BK) dan Minimal 60% dari Jumlah berat yang diperbolehkan (JBB) menurut KM 63 tahun 1993 pada uji tipe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban muatan terhadap gaya pengereman dan efisiensi rem kendaraan dengan sistem LSPV menggunakan alat uji (Brake Tester) Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dimana penelitian ini dilakukan penelitian terhadap pengujian rem utama dengan menggunakan variable bebas yaitu perlakuan terhadap kendaraan dengan menambahkan beban muatan diantaranya kendaraan dalam kondisi berat kosong (BK) sebesar 559 Kg, kemudian ditambahkan beban sebesar 100 Kg, 300 Kg, 500 Kg, 700 Kg, 900 Kg, dan 1100 Kg. kemudian dilakukan Penginjakan pedal diberi diberikan gaya sebesar 500 N dan 700 N yang diukur menggunakan pedal force gauge, serta menggunakan putaran roll pada alat uji di kecepatan 12 Km/j dan 56 Km/j Hasil dari penelitan ini yaitu Pengujian rem kendaraan dengan sistem LSPV menggunakan alat uji dengan kecepatan roll pada alat uji sebesar 12 Km/j harus menggunakan beban muatan atau simulator beban untuk mendapatkan hasil yang optimal, sehingga hasil dari pengujian rem akan memenuhi ambang batas atau efisiensi rem lebih dari 50% dan putaran roll berpengaruh terhadap hasil uji rem utama kendaraan yang menggunakan sistem LSPV. Apabila menggunakan putaran roll pada alat uji sebesar 56 Km/j, maka untuk menguji kendaraan yang menggunakan sistem LSPV tidak perlu menggunakan beban muatan atau simulator beban.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem LSPV, Pengujian Rem, Efisiensi Rem dan Lulus Uji
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: Admin TO
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:33
Last Modified: 24 Jul 2023 03:33
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1409

Actions (login required)

View Item View Item