PRIHANTORO, DIPTYA DWI (2021) MIKROSIMULASI PENGGUNAAN APILL PADA SIMPANG STAGGER TAK BERSINYAL JALAN TENGKU UMAR KABUPATEN NGAWI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
17010395-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (527kB) |
|
Text (BAB 1)
17010395-SKRIPSI-BAB 1.pdf Download (167kB) |
|
Text (BAB 2)
17010395-SKRIPSI-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (855kB) |
|
Text (BAB 3)
17010395-SKRIPSI-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
|
Text (BAB 4)
17010395-SKRIPSI-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5)
17010395-SKRIPSI-BAB 5.pdf Download (157kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17010395-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Persimpangan merupakan tempat bertemunya kendaraan yang satu dengan kendaraan yang lain dari arah yang bertentangan yang biasa disebut dengan konflik lalu lintas. Pengendalian konflik yang benar atau sesuai sangat diperlukan guna mengurangi potensi terjadinya tabrakan antar kendaraan. Simpang stagger Kabupaten Ngawi, merupakan simpang tak bersinyal yang memiliki empat kaki pendekat dimana salah satu kaki pendekat simpang bergeser ke kiri sehingga tidak lurus dengan kaki pendekat simpang didepannya. Pada simpang stagger di Kabupaten Ngawi belum diatur arus lalu lintasnya. Hal ini yang menyebabkan konflik persimpangan banyak terjadi. Oleh karenanya pada daerah persimpangan perlu diupayakan suatu pengaturan atau pengendalian yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah vissim untuk analisis kinerja simpang kondisi eksisting dan kondisi penanganan simpang. SSAM untuk analisis konflik lalu lintas yang terjadi pada simpang. Langkah selanjutnya adalah memberikan alternatif penanganan dari permasalahan konflk lalu lintas yaitu dengan pengaturan 2 fase dan 3 fase. Kemudian dilakukan perbandingan dengan kondisi eksisting terkait pengurangan konflik lalu lintas dan kinerja simpang. Alternatif penanganan simpang yang dipilih yaitu penambahan APILL dengan pangaturan 3 fase dan waktu siklus 82 detik karena Pada alternatif ini mampu menurunkan konflik lalu lintas sebanyak 83% dan nilai tundaan 31,47 dengan tingkat pelayanan A. Dengan penurunan konflik lalu lintas dan tingkat pelayanan simpang yang baik maka tingkat keselamatan simpang stagger akan meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Simpang, Konflik, Vissim, SSAM |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | Admin TRO |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 07:47 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 07:47 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1373 |
Actions (login required)
View Item |