JUNIARTO, DARU ADE (2017) ANALISIS KECEPATAN TIAP RODA GIGI TRANSMISI PADA KONSUMSI BAHAN BAKAR BUS MERCEDES-BENZ OH 1626 DENGAN SOFTWARE MATLAB. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
13020055-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (538kB) |
|
Text (BAB 1)
13020055-SKRIPSI-BAB 1.pdf Download (160kB) |
|
Text (BAB 2)
13020055-SKRIPSI-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 3)
13020055-SKRIPSI-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
|
Text (BAB 4)
13020055-SKRIPSI-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) |
|
Text (BAB 5)
13020055-SKRIPSI-BAB 5.pdf Download (191kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
13020055-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Di indonesia, populasi kendaraan dari tahun 2010-2012 selalu mengalami peningkatan, hal ini berdampak pada konsumsi bahan bakar minyak yang terus bertambah pula, pengurangan konsumsi bahan bakar pada kendaraan dapat dilakukan dengan metode eco driving (Sivak), salah satu metode dalam eco driving yang paling mudah diterapkan adalah pengaturan kecepatan, posisi roda gigi, dan pemilihan jenis Transmisi yang tepat, namum informasi pengaturan kecepatan dan posisi roda gigi pada tiap kendaraan sangatlah kurang, maka dari itu dilakukan penelitian untuk mencari pengaturan kecepatan dan posisi roda gigi ini dilakukan. Pada penelitian ini dilakukan analisa terhadap hasil perhitungan konsumsi bahan bakar kendaraan Mercedes-Benz OH 1626 dengan variasi tiga jenis transmisi dari kendaraan lain, untuk mengetahui pola pengendaraan yang rendah konsumsi bahan bakar dan jenis transmisi yang terbaik dari ketiga transmisi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, Konsumsi Bahan Bakar Bus Mercedes-Benz OH 1626 akan terus menurun pada 1000-1300 rpm, namun akan naik kembali secara perlahan pada 1400-2300 rpm, sedangkan kenaikan kecepatan berbanding lurus dengan pertambahan putaran mesin, transmisi Tipe ZF AS Tronic 12 adalah transmisi yang paling baik diantara ketiga transmisi lainya karena selisih antara tingkat rasio dalam transmisi ini tidak terlalu jauh sehingga bahan bakar yang terbuang akibat jeda loses traksi pada transmisi ini yang sedikit dan akselerasi kendaraan yang halus dan cepat .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Transmisi, Kecepatan, Posisi Roda Gigi, Konsumsi Bahan Bakar |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | Admin TRO |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 03:31 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 03:31 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1357 |
Actions (login required)
View Item |