PUTRI, CLARISA WIDYA and HANANTA, IRFAN ZUHDI and AMIEN, MULYO BALADIL and CAHYANTI, NI GUSTI AYU SUCI VANESIA and YUNANTA, OCTA ADITHYA ILYAS (2023) LAPORAN MAGANG 2 DI PT PEMALANG BATANG TOL ROAD. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)
Text (ABSTRAK)
19010597_19010610_19010675_19010638_19010678-MAGANG 2-ABSTRAK.pdf Download (776kB) |
|
Text (BAB 1)
19010597_19010610_19010675_19010638_19010678-MAGANG 2-BAB_1.pdf Download (577kB) |
|
Text (BAB 2)
19010597_19010610_19010675_19010638_19010678-MAGANG 2-BAB_ 2.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
19010597_19010610_19010675_19010638_19010678-MAGANG 2-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
19010597_19010610_19010675_19010638_19010678-MAGANG 2-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
19010597_19010610_19010675_19010638_19010678-MAGANG 2-BAB_5.pdf Download (386kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
19010597_19010610_19010675_19010638_19010678-MAGANG 2-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Jalan Tol merupakan alternatif untuk mempercepat sarana transportasi yang menunjang pertumbuhan dan percepatan proses ekonomi yang kerap terhambat karena kendala transportasi, dan mengurangi kemacetan. Jalan Tol Pemalang-Batang merupakan salah satu ruas jalan tol Trans Jawa yang membentang di sepanjang jalur pantai utara jawa dan menghubungkan antara ruas jalan tol Pejagan-Pemalang dengan ruas jalan tol Semarang-Batang. Tol Pemalang Batang terbentang sejauh 39,196 KM. Kegiatan magang dilakukan selama 2,5 bulan terhitung sejak tanggal 27 Februari 2023 sampai dengan 16 Mei 2023 di PT Pemalang – Batang Tol Road. Kegiatan di lapangan meliputi inspeksi dan patroli jalan tol, penanganan gangguan dan kecelakaan, pengambilan data dan survei guna pemenuhan tujuan praktek kerja profesi, serta kegiatan operasi arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2023. Metode perhitungan data dalam penentuan titik rawan kecelakaan salah satunya menggunakan metode Upper Control Limit (UCL) yang dibandingkan dengan nilai angka ekuivalen kecelakaan. Berdasarkan pedoman PUPR, apabila nilai AEK lebih besar dari pada UCL maka perhitungan tersebut akan menunjukan titik rawan kecelakaan (blackspot) berdasarkan fatalitas korban yang ada. Metode kedua yaitu Cumulative Summary (Cussum), perhitungan ini akan menunjukan titik rawan kecelakaan (blackspot) berdasarkan jumlah kejadian kecelakaan yang ada. Daerah rawan kecelakaan dengan metode EAN (Fatalitas Korban) KM 308+000, KM 321+200, KM 333+400, KM 326+800, KM 334+600 pada suatu kejadian. Daerah rawan kecelakaan dengan metode Cussum (Frekuensi Kejadian), KM 334+600 , KM 331+400 , KM 328+000 , KM 313+600, KM 333+400. Kecelakaan terbanyak terjadi pada cuaca cerah dengan persentase 61% dan kejadian kecelakaan terbanyak pada pukul 12:01 – 18.00 WIB dengan mayoritas jenis kecelakaan tunggal dimana hal itu disebabkan pengemudi mengantuk dengan persentase 67% dan kurang antisipasi dengan persentase 51% dari kejadian kecelakaan. Jenis kendaraan yang terbanyak mengalami kecelakaan adalah minibus sebesar 45% dari jumlah kendaraan yang mengalami kecelakaan dan frekuensi kecelakaan jalur A dan B paling tinggi terletak pada segmen 2 (KM 314 – KM 331).Rekomendasi dari penelitian ini adalah Pemasangan CCTV tiap 500 meter dengan 1 arah pantauan, penyambungan guardrail pada bagian yang masih kosong, penambahan bengkel pada Rest Area, perbaikan jalan yang masih berlubang, rusak, maupun tambalan yang tidak rata, pemasangan speaker di simpang susun, pembersihan rutin drainase.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PT. PEMALANG BATANG TOL ROAD, KESELAMATAN, KECELAKAAN, JALAN |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 19.01.0610 19.01.0610 |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 03:08 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 03:08 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1291 |
Actions (login required)
View Item |