SARI, KRESNANDA ANGGITA (2020) ANALISIS PERBEDAAN HASIL UJI EFISIENSI REM DARI PENGARUH KECEPATAN MENGGUNAKAN BRAKE TESTER DAN ROAD TEST. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
18030498-KKW-ABSTRAK.pdf Download (735kB) |
|
Text (BAB 1)
18030498-KKW-BAB 1.pdf Download (390kB) |
|
Text (BAB 2)
18030498-KKW-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (826kB) |
|
Text (BAB 3)
18030498-KKW-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (933kB) |
|
Text (BAB 4)
18030498-KKW-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (929kB) |
|
Text (BAB 5)
18030498-KKW-BAB 5.pdf Download (424kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
18030498-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kecelakaan lalu lintas dapat terjadi oleh beberapa faktor diantaranya faktor manusia, faktor sarana, faktor prasarana, faktor lingkungan dan faktor pendukung. Factor penyebab terjadinya kecelakaan yang paling banyak adalah rem blong. Hal ini dikarenakan saat pengujian rem kendaraan diuji dalam keadaan statis (diam), sedangkan ketika kendaraan tersebut dioperasikan dijalan banyak faktor yang mempengaruhi efisiensi pengereman salah satunya faktor kecepatan berkendara. Penelitian ini untuk menganalisa pengaruh kecepatan terhadap hasil efisiensi pengereman ketika kendaraan dioperasikan dijalan serta mengetahui hasil efisiensi rem dengan cara road test. Adapun metode yang digunakan adalah metode eksperimen sehingga uji coba sangat menentukan hasi dari penelitian ini. Penelitian eksperimen adalah penelitian yang dilakukan terhadap variable dan data-datanya belum ada sehingga perlu dilakukan proses manipulasi melalui pemberian perlakuan tertentu terhadap subjek penelitian yang kemudian diamati/diukur dampaknya. Pada penelitian ini metode tersebut digunakan untuk mencari pengaruh penambahan kecepatan terhadap efisiensi pengereman dengan pengukuran road test yang dibandingkan dengan pengujian menggunakan Roller Brake tester. Berdasarkan hasil dari peneitian ini didapatkan nilai dari ketiga perbandingan tersebut menunjukkan nilai thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat perbedaan hasil efisiensi rem pada saat menggunakan Roller Brake tester dan dilakukannya road test 50km/jam, 60km/jam, 70 km/jam. Dari analisa data tentang pengaruh kecepatan terhadap hasil effisiensi rem pada saat kendaraan dioprasikan dijalan dibuktikan menggunakan analisis regesi sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima berarti terdapat pengaruh kecepatan terhadap hasil efisiensi rem serta Untuk hasil pengukuran effisiensi pengereman dengan metode road test.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | brake tester, road test, effisiensi dan kecepatan |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | Admin TO |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 05:23 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 05:23 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1233 |
Actions (login required)
View Item |