PENGARUH BEBAN MUATAN KENDARAAN TERHADAP EFISIENSI PENGEREMAN DENGAN METODE ROAD TEST

FEBRIANI, LESTA (2020) PENGARUH BEBAN MUATAN KENDARAAN TERHADAP EFISIENSI PENGEREMAN DENGAN METODE ROAD TEST. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17030377-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (507kB)
[img] Text (BAB 1)
17030377-KKW-BAB 1.pdf

Download (157kB)
[img] Text (BAB 2)
17030377-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img] Text (BAB 3)
17030377-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
17030377-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB)
[img] Text (BAB 5)
17030377-KKW-BAB 5.pdf

Download (155kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17030377-KKW-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tingkat kecelakaan mobil barang di jalan tol masih tergolong tinggi. Faktor penyebab kecelakaan terbanyak yaitu akibat kegagalan sistem rem atau rem blong. Rem blong disebabkan oleh beberapa factor, salah satunya yaitu akibat beban mutan yang berlebih atau ODOL ( Over Dimension Over Load ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh beban muatan kendaraan terhadap efisiensi rem dan jarak pengereman dengan metode roadtest. Penelitian yang dilakukan oleh penulis pada Kertas Kerja Wajib ini merupakan metode penelitian eksperimen, menggunakan dua merek mobil barang yang berbeda yaitu Suzuky Carry dan Mitsubishi. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa pengaruh beban muatan kendaraan terhadap efisiensi rem pada kendaraan Suzuky Carry sebesar 82% dan pada kendaraan Mitsubishi sebesar 94,6%. Pengaruh beban muatan kendaraan terhadap jarak pengereman pada kendaraan Suzuky Carry sebesar 65,9% dan pada kendaraan Mitsubishi sebesar 76%. Dari hasil tersubut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara beban muatan kendaraan terhadap efisiensi rem yang berpengaruh pula pada jarak pengereman yang dihasilkan. Semakin besar beban muatan kendaraan maka semakin kecil efisiensi rem yang dihasilkan sehingga jarak pengeremanya semakin panjang. Hal ini dapat menyebabkan kecelakaan saat melakukan pengereman mendadak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Beban Berlebih, Rem Blong , Efisiensi Rem dan Jarak Pengereman
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: Admin TO
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:58
Last Modified: 12 Jun 2023 03:58
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1135

Actions (login required)

View Item View Item