PENGARUH MUATAN SUMBU RODA TERHADAP EFISIENSI REM MOBIL BAK MUATAN TERBUKA

ALAWIYAH FALA, NADZIBA SHAFA (2019) PENGARUH MUATAN SUMBU RODA TERHADAP EFISIENSI REM MOBIL BAK MUATAN TERBUKA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16030321-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (699kB)
[img] Text (BAB 1)
16030321-KKW-BAB 1.pdf

Download (283kB)
[img] Text (BAB 2)
16030321-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
16030321-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[img] Text (BAB 4)
16030321-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (BAB 5)
16030321-KKW-BAB 5.pdf

Download (135kB)

Abstract

Kendaraan bermotor adalah sarana transportasi yang mempunyai fungsi paling baik diantara sarana transportasi lainnya di jalan. Selain harus memenuhi fungsinya sebagai media pengangkut, kendaraan bermotor juga harus mempunyai fitur keselamatan baik untuk pengemudi maupun penumpang. Salah satu komponen yang merupakan bagian dari sistem keselamatan adalah sistem rem. Untuk itu perlu dilakukan pengujian dari sistem rem guna menjamin keselamatan dari kendaraan tersebut. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh muatan sumbu roda terhadap efisiensi rem mobil bak muatan terbuka dengan sistem rem teknologi Load Sensing Proportioning Valve (LSPV) dan sistem rem tromol konvensional. Penelitian menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan pengujian efisiensi rem menggunakan brake tester untuk mendapatkan efisiensi rem pada kendaraan dengan variasi beban kendaraan yang berbeda. Data yang diperoleh adalah efisiensi rem utama kendaraan pada masing-masing beban. Besarnya muatan sumbu roda dengan menggunakan sistem rem konvensional berpengaruh terhadap efisiensi pengereman yang dihasilkan,semakin besar muatan sumbu roda maka semakin kecil efisiensi pengeremannya. Penunjukan nilai yang kurang akurat saat dilakukan pengujian efisiensi rem pada kendaraan yang dilengkapi dengan Load Sensing Proportioning Valve (LSPV). Hal ini ditunjukan dengan roda yang tidak berhenti pada roller saat dilakukan pengereman. Untuk itu dengan seiring perkembangan teknologi, dalam UPTD pengujian kendaraan bermotor perlu adanya load simulator sehingga hasil dari efisiensi rem akan memuhi ambang batas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: muatan sumbu roda, efisiensi pengereman, mobil bak muatan terbuka
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: Admin TO
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:34
Last Modified: 08 Jun 2023 07:34
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1101

Actions (login required)

View Item View Item