WAHYUDI, IKBAL EKO (2019) PENGARUH PENGGUNAAN KAMPAS REM BERALUR TERHADAP EFISIENSI REM DAN TEMPERATUR TROMOL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
16030314-KKW-ABSTRAK.pdf Download (381kB) |
|
Text (BAB 1)
16030314-KKW-BAB 1.pdf Download (60kB) |
|
Text (BAB 2)
16030314-KKW-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (367kB) |
|
Text (BAB 3)
16030314-KKW-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (375kB) |
|
Text (BAB 4)
16030314-KKW-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
|
Text (BAB 5)
16030314-KKW-BAB 5.pdf Download (61kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
16030314-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Alur pada kampas rem biasanya ada pada kampas rem cakram. Fungsi alur pada kampas rem adalah untuk sirkulasi udara guna menghindari panas yang terlalu tinggi (overheat). Rem yang temperaturnya semakin naik, akan mengalami fade sehingga efisiensi pengeremannya juga menjadi turun karena rem tidak bekerja secara maksimal. Penelitian ini penulis memodifikasi kampas rem tromol dengan membuat alur pada kampas rem tersebut. Sehingga diharapkan bisa mengurangi terjadinya fede saat sistem rem tromol mengalami kenaikan temperatur. Fungsi alur tersebut juga sebagai tempat terbuangnya debu yang dihasilkan dari pergesekan kampas rem dan piringan dengan demikian daya pengereman menjadi optimal, selain itu alur pada kampas rem berfungsi untuk indikator batas ketebalan penggunaan kampas rem. Berdasarkan hal di atas, bahwa ada peluang untuk memodifikasi salah satu komponen sistem pengereman pada kendaraan yaitu sistem pengereman rem tromol, Modifikasi yang dilakukan ialah menambahkan alur pada permukaan kampas rem tromol. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan variasi kampas tromol standar, kampas rem tromol alur sampel 1 (miring), kampas rem alur tromol sampel 2 (horizoltal), kampas rem tromol alur sampel 3 (menyilang) dan kampas rem tromol sampel 4 (vertikal dan horizoltal). Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa peningkatan efisiensi pengereman tertinggi adalahn kampas rem tromol alur sampel 3 (menyilang) efisiensi pengereman rata-rata dari 12 kali percobaan untuk kampas rem sampel 3 (menyilang) adalah 61,05% dan masuk pada kategori lulus, meningkat sebesar 8,16 % dari efisiensi rem untuk kampas rem standar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alur kampas rem tromol, modifikasi, sampel 3 (menyilang), efisiensi rem |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | Admin TO |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 07:34 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 07:34 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1098 |
Actions (login required)
View Item |