PENGARUH TAHUN PEMBUATAN MOBIL ANGKUTAN PENUMPANG DAN ANGKUTAN BARANG BERBAHAN BAKAR BENSIN TERHADAP EMISI GAS BUANG DI SEKSI PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN BEKASI

SETIADI, RIYAN ARIEP (2019) PENGARUH TAHUN PEMBUATAN MOBIL ANGKUTAN PENUMPANG DAN ANGKUTAN BARANG BERBAHAN BAKAR BENSIN TERHADAP EMISI GAS BUANG DI SEKSI PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN BEKASI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16030295-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
16030295-KKW-BAB 1.pdf

Download (393kB)
[img] Text (BAB 2)
16030295-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (941kB)
[img] Text (BAB 3)
16030295-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img] Text (BAB 4)
16030295-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)
[img] Text (BAB 5)
16030295-KKW-BAB 5.pdf

Download (297kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16030295-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)

Abstract

Tumbuhnya emisi gas yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor telah menjadi masalah lingkungan utama secara global dan ini dapat dikaitkan dengan peningkatan penggunaan kendaraan bermotor serta populasi terutama di daerah-daerah dengan populasi besar dan negara-negara industri maju. Dalam penelitian ini, emisi gas yang diproduksi oleh kendaraan bermesin bensin. Penelitian ini dilakukan terhadap kendaraan angkutan barang dan angkutan penumpang di tahun yang berbeda. penelitian ini menggunakan menggunakan metode analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana menggunakan program SPSS. Tingkat emisi gas buang yang diukur termasuk karbonmonoksida (CO) dan hidrokarbon (HC) menggunakan alat uji meisi gas buanag (Exhaust Gas Analyzer) yang di hubungkan pada saluran gas buang kendaraan (kenalpot) dalam kondisi diam (idle). Hasil penelitian menunjukan bahwa kendaraan yanng menjadi sempel pengukuran yaitu berjumlah 65 unit kendaraan terbagi 20 kendaraan angkutan orang dan 45 unit kendaraan angkutan barang. Dari data yang terkumpul dan analisisnya menunjukkan bahwa prosentase sumbangan pengaruh emisi gas buang terhadap CO dan HC terhadap tahun pembuatan mobil sebesar 62,5%. 5. Dari hasil kajian secara keseluruhan diketahui bahwa umur ideal kendaraan adalah berkisar antara 7 – 10 tahun karena umur kendaraan dengan umur tersebut mampu memenuhi ambang batas yang ditentukan untuk mobil baru, yakni CO 1,5 % dan HC 200 ppm, dan masih memberikan nilai ekonomi bagi pemiliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tahun kendaraan bermotor, emisi gas buang kendaraan bermotor CO dan HC
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: Admin TO
Date Deposited: 04 May 2023 07:36
Last Modified: 04 May 2023 07:36
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1044

Actions (login required)

View Item View Item